PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP NIAT BELI PRODUK

  • I Gusti Ayu Agung Mitha Saritha Dian Ajnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, Bali
  • I Made Jatra Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Brand ambassador terhadap Niat Beli dengan Citra Merek sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar, Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 orang. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis jalur, dan uji sobel dan uji VAF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli. Brand ambassador berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra Merek. Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Beli. Citra Merek merupakan variabel mediasi secara parsial pengaruh antara brand ambassador terhadap niat beli. Brand ambassador dan Citra Merek secara nyata dapat meningkatkan Niat Beli pada calon konsumen. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini memberikan bukti pada pengembangan ilmu manajeman pemasaran khususnya mengenai Brand ambassador, Citra Merek dan niat beli yang mampu untuk membuktikan secara empiris teori yang digunakan pada penelitian ini mengacu pada teori Perilaku konsumen. Implikasi Praktis Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dan masukan bagi manajemen Lemonilo dalam memasarkan produknya


Kata Kunci: Brand ambassador; Citra Merek; Niat Beli

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, R. F., & Azizah, N. (2021). Peran Sikap Pada Iklan Dalam Memediasi Pengaruh Brand ambassador Terhadap Minat Beli Produk Mie Sedaap Goreng Korean Spicy Chicken. 2(2), 300-315.
Andarista Fatdilla, Hariyani Diyah & Fauzi Rizal. (2022). Pengaruh Brand ambassador Dan Promosi Terhadap Minat Beli Brand Erigo Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Journal of Current Research in Business and Economics. 1(2): 36-44.
Annur. (2022). Gaet NCT, Compass Dashboard Temukan penjualan Mi Instan Lemonilo Melonjak 154%. Dikutip dari link https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/12/gaet-nct-compas-dashboard-temukan-penjualan-mi-instan-lemonilo-melonjak-154.
Aryadhe, T., Suryani, A., & Sudiksa, I. B. (2018). Pengaruh sikap dan norma subjektif terhadap niat beli dan keputusan pembelian (Doctoral dissertation, Udayana University). 1452-1480.
Cicilia, Pasaribu. (2022). NCT Dream Duta Merek Lemonilo. From https://www.antaranews.com/berita/2665461/nct-dream-duta-merek-lemonilo#mobile-src.
Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62.
Dewi, Edyanto, & Siagian. (2020). The Effect Of Brand ambassador, Citra Merek, And Brand Awareness On Purchase Decision Of Pantene Shampoo In Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences 76. DOI https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023.
Ediman, H., & Tajibu, K. (2020). Pengaruh Aktor Choi Siwon Sebagai Brand ambassador Mie Sedap Korean Spicy Chicken terhadap Minat Beli Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Makassar). Jurnal Mercusuar, 1(2). 55-73.
Elvira & Perwitasari (2021).Diversifikasi produk jadi kunci utama lemonilo kembangkan bisnis consumer goods sehat.From https://industri.kontan.co.id/news/diversifikasi-produk-jadi-kunci-utama-lemonilo-kembangkan-bisnis-consumer-goods-sehat?page=2.
Fasha, Anisha Ferdiana, Muhammad Rezqi Robi, and Shindy Windasari. 2022. “Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand ambassador dan Citra Merek (Literature Review Manajemen Pemasaran)”. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 3 (1): 30-42. https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/840.
Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi keputusan pembelian melalui minat beli: brand ambassador dan brand image (literature review manajemen pemasaran). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 3(1), 30-42.
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deep Publish.
Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.
Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Girsang, Murawaty, Rini, & Gultom. (2020). “European Journal Of Management And Marketing Studies The Effect Of Citra Merek And Product Quality On RePurchase Intention With Customer Satisfaction As Intervening Variables In Consumers Of Skincare Oriflame Users – A Study On Students Of North Sumatra.” European Journal of Management and Marketing Studies 5(1):40–57.
Goodlife. (2020, Juli 2020). Hobi Makan Mi Instan? Ini 5 Rekomendasi Mi Instan Sehat. From https://goodlife.id/hobi-makan-mi-instan-ini-5-rekomendasi-mi-instan-sehat/.
Hakim, A. R., & Wardhana, A. (2019). Pengaruh Iklan Di Televisi Terhadap Minat Beli Produk Indomie Rasa Mie Aceh Dengan Pendekatan Aida (survei Pada Warga Kota Cimahi-- Jawa Barat). EProceedings of Management, 6(3). 6162-6171.
Halim, G. C., & Suparna, G. The Role of Brand Image Mediates The Effect of Product Quality on Repurchase Decision of Gulu Gulu Drinkin Denpasar City. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(1), pp. 398-407.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.
Hendayana, Y., & Afifah, N. M. (2020). Pengaruh brand ambassador dan Korean wave terhadap minat belanja online melalui marketplace Tokopedia. Kinerja, 3(01), 32-46.
Immaculata, M. A., & Setyo Utami, L. S. (2021). Pengaruh Popularitas Brand ambassador Nct 127 Terhadap Minat Beli Produk Nu Green Tea Oleh Konsumen. Prologia, 5(2), 261.
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105-126.
Javier. (2021). Ada 7,5 Miliar Twit K-Pop pada Juli 2020-Juni 2021, Terbanyak dari Indonesia. From https://data.tempo.co/data/1174/ada-75-miliar-twit-k-pop-pada-juli-2020-juni-2021-terbanyak-dari-indonesia.
Kamilla, W. F., & Bestari, D. K. P. (2022). Pengaruh Popularitas Nct Dream sebagai Brand ambassador dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Mie Lemonilo (Studi pada Masyarakat di Kota Bandung). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3701-3708.
Karyati, Dwi, and Ati Mustikasari. 2019. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Niat beli Pada Produk Nature Republic Aloe Vera Di Bandung 2019.” 5(2):652–59.
Kok, W., Ariesa, Y., Kelvin, K., Pratama, V., Kosasih, S., & Alianza, V. F. (2021). The Role of Brand ambassador, Event Marketing and Digital Marketing on Purchase Decisions User Shopee. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 4804-4814.
Kolinug, M. S., Mananeke, L., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh Brand ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 101.
Kotler, P., and Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition. Pearson Education Limited.
Langi, M., Tjahyana, L. J., & Yoanita, D. (2022). Pengaruh Treasure Sebagai Brand ambassador Ruangguru Terhadap Brand Awareness Pada Kalangan Siswa Menegah Atas. Jurnal e-Komunikasi, 10(2).
Larasari, Ernie, Lutfi Lutfi, and Liza Mumtazah. (2018). Pengaruh Brand ambassador Dan Even Sponsorship Terhadap Purchase Intention Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Interverning (Studi Kasus Produk Smartphone Vivo Pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis SAINS. 10 (2). http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v10i2.4234.

Lestari, H., Sunarti, & Aniesa SB., 2019, ‘Pengaruh Brand ambassador Dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian’, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 66, No.1, pp.67-79.
Lin, Chih Wei, Su Shiang Lee, Hua Yi Lin, Zi Xin Lim, Yu Chih Cheng, and Shu Chin Huang. 2019. “The Relationships between the Credibility of Badminton Brand Spokespersons, Citra Merek, and Attitudes towards Consumer Purchase Intention.” African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure 8(4):1–11.
Lin, C. H. (2013). The Effects Of Brand Images On Purchase Intention In Catering Industry. Pakistan Journal of Statistics, 29(5). 745-754
Mardiani, Wardhana., 2018. Pengaruh Brand ambassador Terhadap Niat beli Bandung Kunafe Cake. E-Proceeding of Management, 5(2). 2577-2583.
Masyita, Yuliati. (2017). Pengaruh brand ambassador dian sastrowardoyo terhadap Citra Merek produk makeup L’OREAL PARIS (studi pada konsumen L’OREAL kota BANDUNG). JRAMB, 3 (1). DOI: https://doi.org/10.26486/jramb.v3i1.408.
Midya Rani, E. (2022). Pengaruh Brand ambassador, Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(8), 2–21.
Mispiani, A. (2021). Pengaruh Promosi, Brand ambassador, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa STEI Rawamangun).
Nisa, C., & Pramesti, D. A. (2020, May). How Do Effective Digital Marketing and Brand ambassador Stimulate Purchase Intention Today?. In 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019) (pp. 365-367). Atlantis Press.
Nofiawaty, Fitrianti & Lisnawati. (2020). Brand ambassador and the Effect to Consumer Decision on Online Marketplace in Indonesia. Sriwijaya International Journal Of Dynamic. 4 (1).
DOI: https://doi.org/10.29259/sijdeb.v4i1.21-30.
Nurunnisha, G. A., Roespinoedji, R., & Roespinoedji, D. (2021). Female Students Perceptions On The Effect Of Country Of Origin, Brand ambassador On Purchase Intentions: A Study On The Geographical Origin Of Tokopedia E-Commerce Company, Indonesia. Review Of International Geographical Education Online, 11(1), 573-582.
Oktaviani, Zainurossalamia. (2021). Pengaruh Brand ambassador “Blackpink’ Terhadap Purchase Intention Melalui Citra Merek. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Manajemen INOVASI.17 (3).
Osak, Pasharibu. (2020). Pengaruh Brand ambassador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. 9 (4).
Putri, A. N., Handayani, T., & Astuti, M. (2019). Pengaruh Iklan, Selebriti Pendukung Dan Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut Terhadap Kesadaran Merek Pada Produk Mi Sedaap. Jurnal Manajemen, 11(1), 24-34.
Putri, Y. I., Pradana, M., Utami, F. N., Nugraha, D. W., & Karnovi, R. (2021). The influence of brand ambassador on e-commerce purchase intention. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. pp. 6848-6855.
Rahmadani, C. A. (2019). Pengaruh Brand Image Service Quality dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Nasabah BANK BRI Yogyakarta. 34.
Reza Pahlevi (2022). Penjualan Mi Instan Terus Meningkat dalam 5 Tahun Terakhir. From https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/14/penjualan-mi-instan-terus-meningkat-dalam-5-tahun-terakhir.
Riduwan & Engkos Achmad Kuncoro. (2017). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta
Rizaty, Bayu. (2021). Indonesia Konsumsi 12,6 Miliar Porsi Mi Instan pada 2020. diakses pada 15 Maret 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/18/indonesia-konsumsi-126-miliar-porsi-mi-instan-pada-2020.
Rizanty. (2022). Konsumsi Mi Instan Indonesia Terbesar Kedua Di Dunia Pada 2021. From https://dataindonesia.id/varia/detail/konsumsi-mi-instan-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia-pada-2021
Rohman Zainur Isnanda & Indaryadi Athanasius. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, Brand Loyalty, Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Intensi Rekomendasi. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. 9(2) 2020: 80-91.
Roisah, R., Meliawati, Y., & Angliawati, R. Y. (2021). Meningkatkan Minat Beli Melalui Brand ambassador. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 7-19.
Sabella, V. P., Hermawan, A., & Dhewi, T. S. (2022). The Influence of Brand ambassador and Social Media Marketing on Purchase Intention Through Brand Image (Study on Consumers" Sang Dewa Snack"). International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(1). 120-128
Sadrabadi, N., A., Saraji, M., K., & Zadeh, M., M. (2018). Evaluating the Role of Brand ambassadors in Social Media Ganes. 2 (3).
Saribu, Ophelia. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Brand ambassador Terhadap Niat beli Produk Wardah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas HKBP Nommense Medan). Repository universitas HKBP Nommense.
Silmi, Rachma & Hufron. (2019). Menguji Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Dalam Hubungan Pengaruh Brand ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. E- Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma. 8(4).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tridayanti & Nurfebiaraning. (2022). Pengaruh Nct Dream Sebagai Brand ambassador terhadap Citra Merekproduk Mi Instan Lemonilo Pada Generasi Muda. MEDIUM. 10 (2), pp. 67-80.

Top Brand Index. (2022). Diakses pada 15 Maret 2022. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=indomi.
Utama, Made Suyana. (2016). Aplikasi Analisis Kuantitatif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Denpasar: Cv Sastra Utama.
Utami, S. P., Setyowati, N., & Mandasari, P. (2020). Celebrity brand ambassador and e-WOM as determinants of purchase intention: A survey of Indonesian celebrity cake. In E3S Web of Conferences (Vol. 142, p. 05001). EDP Sciences.
Utami, N., Silalahi, P. R., & Tambunan, K. (2022). Pengaruh Brand Ambasador terhadap Keputusan Pembelian pada e-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Remaja Kota Medan). JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 41–46.
Wang, F., Hariandja, E.S. (2016). The influence of brand ambassador on Citra Merek and Consumer Purchasing Decision: A Case of Tous Les Jours In Indonesia. International Conference on Entrepreneurship, 1, 292-306.
Wardani, A. A. K., & Istiyanto, B. (2022). Peran brand ambassador, brand image, dan harga terhadap minat beli konsumen (Studi kasus co-branding Samsung X Bts). Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 551-557.
Wardani, E. S., & Santosa, A. (2020). Pengaruh Hallyu, Ambassador Merek, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Atas Produk Republik Natur Di Yogyakarta. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(2), 203–211.
Wirapraja, A., & Sugito, F. A. (2018). Pengaruh Efektivitas Iklan Terhadap Tingkat Minat Beli Mie Instant. Jurnal Eksekutif, 15(1), 98–113.
Wulandari, S. P., Hutauruk, W. R. B., & Prasetyaningtyas, S. W. (2021). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Purchase Intention Yang Dimediasi Brand Image Dan Brand Awareness. Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis, 12(2), 127-138.
Yasinta Windyastari, Nyoman, and Eka Sulistyawati. 2018. “Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Kredibilitas Celebrity Endorser Terhadap Niat Beli.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 7(12):6932.
Yuliadewi. (2021). Pengaruh Brand ambassador, Brand Personality Terhadap Consumer-Based Brand Equity Dan Purchase Intention (Studi Pada Penonton Iklan Nu Green Tea Oleh Nct 127 Di Kalangan Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. 9 (2). 1-18.
Yustiana, C., & Jamiat, N. (2021). Pengaruh Brand ambassador Terhadap Niat beli Konsumen Shopee Segmentasi Pria Di Indonesia. (Studi Pada Stray Kids Sebagai Brand ambassador). E-Proceeding Of Management
Yoel, Dayanti Adelia, James D. D. Massie, and Maria V. J. Tielung. 2021. “Pengaruh Citra Merek Dan Brand ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen Di Era New Normal Pandemi Covd-19 Pada Baskin-Robbins Manado Town Square”. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi 9 (4): 136-145.

Ahmad, R. F., & Azizah, N. (2021). Peran Sikap Pada Iklan Dalam Memediasi Pengaruh Brand ambassador Terhadap Minat Beli Produk Mie Sedaap Goreng Korean Spicy Chicken. 2(2), 300-315.
Andarista Fatdilla, Hariyani Diyah & Fauzi Rizal. (2022). Pengaruh Brand ambassador Dan Promosi Terhadap Minat Beli Brand Erigo Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening. Journal of Current Research in Business and Economics. 1(2): 36-44.
Annur. (2022). Gaet NCT, Compass Dashboard Temukan penjualan Mi Instan Lemonilo Melonjak 154%. Dikutip dari link https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/12/gaet-nct-compas-dashboard-temukan-penjualan-mi-instan-lemonilo-melonjak-154.
Aryadhe, T., Suryani, A., & Sudiksa, I. B. (2018). Pengaruh sikap dan norma subjektif terhadap niat beli dan keputusan pembelian (Doctoral dissertation, Udayana University). 1452-1480.
Cicilia, Pasaribu. (2022). NCT Dream Duta Merek Lemonilo. From https://www.antaranews.com/berita/2665461/nct-dream-duta-merek-lemonilo#mobile-src.
Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62.
Dewi, Edyanto, & Siagian. (2020). The Effect Of Brand ambassador, Citra Merek, And Brand Awareness On Purchase Decision Of Pantene Shampoo In Surabaya, Indonesia. SHS Web of Conferences 76. DOI https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601023.
Ediman, H., & Tajibu, K. (2020). Pengaruh Aktor Choi Siwon Sebagai Brand ambassador Mie Sedap Korean Spicy Chicken terhadap Minat Beli Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Makassar). Jurnal Mercusuar, 1(2). 55-73.
Elvira & Perwitasari (2021).Diversifikasi produk jadi kunci utama lemonilo kembangkan bisnis consumer goods sehat.From https://industri.kontan.co.id/news/diversifikasi-produk-jadi-kunci-utama-lemonilo-kembangkan-bisnis-consumer-goods-sehat?page=2.
Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi keputusan pembelian melalui minat beli: brand ambassador dan brand image (literature review manajemen pemasaran). Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial, 3(1), 30-42.
Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deep Publish.
Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.
Ghadani, A., Muhar, A. M., & Sari, A. I. (2022). Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian di shopee dengan mediasi brand awareness. Insight Management Journal, 2(3), 110–118.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.
Girsang, Murawaty, Rini, & Gultom. (2020). “European Journal Of Management And Marketing Studies The Effect Of Citra Merek And Product Quality On RePurchase Intention With Customer Satisfaction As Intervening Variables In Consumers Of Skincare Oriflame Users – A Study On Students Of North Sumatra.” European Journal of Management and Marketing Studies 5(1):40–57.
Goodlife. (2020, Juli 2020). Hobi Makan Mi Instan? Ini 5 Rekomendasi Mi Instan Sehat. From https://goodlife.id/hobi-makan-mi-instan-ini-5-rekomendasi-mi-instan-sehat/.
Hakim, A. R., & Wardhana, A. (2019). Pengaruh Iklan Di Televisi Terhadap Minat Beli Produk Indomie Rasa Mie Aceh Dengan Pendekatan Aida (survei Pada Warga Kota Cimahi-- Jawa Barat). EProceedings of Management, 6(3). 6162-6171.
Halim, G. C., & Suparna, G. The Role of Brand Image Mediates The Effect of Product Quality on Repurchase Decision of Gulu Gulu Drinkin Denpasar City. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 5(1), pp. 398-407.
Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415-424.
Hendayana, Y., & Afifah, N. M. (2020). Pengaruh brand ambassador dan Korean wave terhadap minat belanja online melalui marketplace Tokopedia. Kinerja, 3(01), 32-46.
Immaculata, M. A., & Setyo Utami, L. S. (2021). Pengaruh Popularitas Brand ambassador Nct 127 Terhadap Minat Beli Produk Nu Green Tea Oleh Konsumen. Prologia, 5(2), 261.
Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105-126.
Javier. (2021). Ada 7,5 Miliar Twit K-Pop pada Juli 2020-Juni 2021, Terbanyak dari Indonesia. From https://data.tempo.co/data/1174/ada-75-miliar-twit-k-pop-pada-juli-2020-juni-2021-terbanyak-dari-indonesia.
Kamilla, W. F., & Bestari, D. K. P. (2022). Pengaruh Popularitas Nct Dream sebagai Brand ambassador dan Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Mie Lemonilo (Studi pada Masyarakat di Kota Bandung). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3701-3708.
Karyati, Dwi, and Ati Mustikasari. 2019. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Niat beli Pada Produk Nature Republic Aloe Vera Di Bandung 2019.” 5(2):652–59.
Kolinug, M. S., Mananeke, L., & Tampenawas, J. (2022). Pengaruh Brand ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Revlon (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 101.
Kotler, P., and Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition. Pearson Education Limited.
Larasari, Ernie, Lutfi Lutfi, and Liza Mumtazah. (2018). Pengaruh Brand ambassador Dan Even Sponsorship Terhadap Purchase Intention Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Interverning (Studi Kasus Produk Smartphone Vivo Pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Manajemen Dan Bisnis SAINS. 10 (2). http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v10i2.4234.
Lestari, H., Sunarti, & Aniesa SB., 2019, ‘Pengaruh Brand ambassador Dan Korean Wave Terhadap Citra Merek Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian’, Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 66, No.1, pp.67-79.
Lin, C. H. (2013). The Effects Of Brand Images On Purchase Intention In Catering Industry. Pakistan Journal of Statistics, 29(5). 745-754
Mardiani, Wardhana., 2018. Pengaruh Brand ambassador Terhadap Niat beli Bandung Kunafe Cake. E-Proceeding of Management, 5(2). 2577-2583.
Masyita, Yuliati. (2017). Pengaruh brand ambassador dian sastrowardoyo terhadap Citra Merek produk makeup L’OREAL PARIS (studi pada konsumen L’OREAL kota BANDUNG). JRAMB, 3 (1). DOI: https://doi.org/10.26486/jramb.v3i1.408.
Midya Rani, E. (2022). Pengaruh Brand ambassador, Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(8), 2–21.
Mispiani, A. (2021). Pengaruh Promosi, Brand ambassador, dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa STEI Rawamangun).
Nisa, C., & Pramesti, D. A. (2020, May). How Do Effective Digital Marketing and Brand ambassador Stimulate Purchase Intention Today?. In 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019) (pp. 365-367). Atlantis Press.
Nofiawaty, Fitrianti & Lisnawati. (2020). Brand ambassador and the Effect to Consumer Decision on Online Marketplace in Indonesia. Sriwijaya International Journal Of Dynamic. 4 (1).
DOI: https://doi.org/10.29259/sijdeb.v4i1.21-30.
Nurunnisha, G. A., Roespinoedji, R., & Roespinoedji, D. (2021). Female Students Perceptions On The Effect Of Country Of Origin, Brand ambassador On Purchase Intentions: A Study On The Geographical Origin Of Tokopedia E-Commerce Company, Indonesia. Review Of International Geographical Education Online, 11(1), 573-582.
Oktaviani, Zainurossalamia. (2021). Pengaruh Brand ambassador “Blackpink’ Terhadap Purchase Intention Melalui Citra Merek. Jurnal Ekonomi Keuangan Dan Manajemen INOVASI.17 (3).
Osak, Pasharibu. (2020). Pengaruh Brand ambassador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana. 9 (4).
Putri, A. N., Handayani, T., & Astuti, M. (2019). Pengaruh Iklan, Selebriti Pendukung Dan Pemasaran Dari Mulut Ke Mulut Terhadap Kesadaran Merek Pada Produk Mi Sedaap. Jurnal Manajemen, 11(1), 24-34.
Putri, Y. I., Pradana, M., Utami, F. N., Nugraha, D. W., & Karnovi, R. (2021). The influence of brand ambassador on e-commerce purchase intention. In Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management. pp. 6848-6855.
Rahmadani, C. A. (2019). Pengaruh Brand Image Service Quality dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Nasabah BANK BRI Yogyakarta. 34.
Reza Pahlevi (2022). Penjualan Mi Instan Terus Meningkat dalam 5 Tahun Terakhir. From https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/14/penjualan-mi-instan-terus-meningkat-dalam-5-tahun-terakhir.
Riduwan & Engkos Achmad Kuncoro. (2017). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta
Rizaty, Bayu. (2021). Indonesia Konsumsi 12,6 Miliar Porsi Mi Instan pada 2020. diakses pada 15 Maret 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/18/indonesia-konsumsi-126-miliar-porsi-mi-instan-pada-2020.
Rizanty. (2022). Konsumsi Mi Instan Indonesia Terbesar Kedua Di Dunia Pada 2021. From https://dataindonesia.id/varia/detail/konsumsi-mi-instan-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia-pada-2021
Rohman Zainur Isnanda & Indaryadi Athanasius. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, Brand Loyalty, Dan Perceived Quality Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Intensi Rekomendasi. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. 9(2) 2020: 80-91.
Roisah, R., Meliawati, Y., & Angliawati, R. Y. (2021). Meningkatkan Minat Beli Melalui Brand ambassador. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 3(1), 7-19.
Sabella, V. P., Hermawan, A., & Dhewi, T. S. (2022). The Influence of Brand ambassador and Social Media Marketing on Purchase Intention Through Brand Image (Study on Consumers" Sang Dewa Snack"). International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(1). 120-128
Sadrabadi, N., A., Saraji, M., K., & Zadeh, M., M. (2018). Evaluating the Role of Brand ambassadors in Social Media Ganes. 2 (3).
Saribu, Ophelia. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Brand ambassador Terhadap Niat beli Produk Wardah (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas HKBP Nommense Medan). Repository universitas HKBP Nommense.
Silmi, Rachma & Hufron. (2019). Menguji Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Dalam Hubungan Pengaruh Brand ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. E- Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unisma. 8(4).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tridayanti & Nurfebiaraning. (2022). Pengaruh Nct Dream Sebagai Brand ambassador terhadap Citra Merekproduk Mi Instan Lemonilo Pada Generasi Muda. MEDIUM. 10 (2), pp. 67-80.
Top Brand Index. (2022). Diakses pada 15 Maret 2022. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=indomi.
Utama, Made Suyana. (2016). Aplikasi Analisis Kuantitatif Untuk Ekonomi dan Bisnis. Denpasar: Cv Sastra Utama.
Published
2024-02-24
How to Cite
DIAN AJNYA, I Gusti Ayu Agung Mitha Saritha; JATRA, I Made. PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP NIAT BELI PRODUK. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 104 - 128, feb. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/106385>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i01.p06.
Section
Articles