POSITIVE EMOTION MEMEDIASI SALES PROMOTION DAN STORE ENVIRONMENT TERHADAP IMPULSE BUYING
Abstract
Impulse buying adalah perilaku konsumen yang melakukan pembelian secara langsung dan tidak ada rencana sebelumnya, dilakukan dengan cepat dan tanpa banyak evaluasi. Perusahaan perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhi terciptanya impulse buying untuk meningkatkan pendapatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran Positive Emotion dalam memediasi sales promotion dan store environment terhadap impulse buying. Penelitian dilakukan di Kota Denpasar dan Alfamart sebagai obyek penelitiannya. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 112 responden yang sudah pernah berbelanja di Alfamart. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa sales promotion dan store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap Positive Emotion, Positive Emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, sales promotion dan store environment berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, serta Positive Emotion mampu memediasi pengaruh sales promotion dan store environment terhadap impulse buying.
Kata kunci : sales promotion, store environment, Positive Emotion, impulse buying.