PENGARUH HARGA SEWA, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP NIAT MENYEWA KEMBALI PADA JASA RUMAH KOS DI DESA JIMBARAN

  • I Wayan Lostha Markandhya Universitas Udayana
  • I Made Jatra Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga sewa, fasilitas dan lokasi terhadap niat menyewa kembali pada jasa rumah kos di Desa Jimbaran dan pengaruh harga sewa, fasilitas, dan lokasi secara simultan dan variabel yang dominan terhadap niat menyewa kembali pada jasa rumah kos di Desa Jimbaran. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Ukuran sampel penelitian berjumlah 100 orang responden dengan kriteria responden yaitu masih aktif kuliah dan menyewa kos di Desa Jimbaran dalam kurun waktu tiga tahun terakhir saat penelitian ini dilakukan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Penelitian ini menemukan hasil bahwa harga sewa berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menyewa kembali pada jasa rumah kos; fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menyewa kembali pada jasa rumah kos; lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat menyewa kembali pada jasa rumah kos; harga sewa, fasilitas, dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap niat menyewa kembali pada jasa rumah kos; harga sewa merupakan variabel paling dominan di penelitian ini. Penelitian ini menjadi bahan refrensi bagi pemilik rumah kos di Desa Jimbaran untuk terus mempertahankan pemasaran mereka dengan meninjau kembali harga sewa, fasilitas dan lokasi sesuai dengan harapan konsumen yang ingin mencari rumah kos di Desa Jimbaran dengan harapan mampu mempengaruhi konsumen untuk melakukan menyewa kembali.


 


This study aims to determine the effect of rental prices, facilities and locations on the intention to rent back on boarding house services in Jimbaran Village and the effect of rental prices, facilities, and locations simultaneously and the most dominant variable on the intention to rent back on boarding house services in Jimbaran Village. The respondents were 100 people who were still actively studying and renting boarding houses in Jimbaran Village in the last 3 years when this study was conducted. This study used non-probability sampling method, especially purposive sampling. Data analysis using multiple linear regression. The results of the analysis of this study are, rental prices have a positive and significant effect on the intention to rent back on boarding house services, facilities have a positive and significant effect on the intention to rent back on boarding house services, location has a positive and significant effect on the intention to rent back on boarding house services, rental prices, facilities and location simultaneously affect the intention to rent back on boarding house services and rental prices are the most dominant variables in this study. This research becomes reference material for boarding house owners in Jimbaran Village to continue to maintain their marketing by reviewing rental prices, facilities and locations according to the expectations of consumers who want to look for boarding houses in Jimbaran Village with the hope of being able to influence consumers to rent again.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinata, K. J., & Yasa, N. N. K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Harga, Dan Sikap Terhadap Niat Beli Kembali Di Situs Lazada. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 4153–4180.
Alfonsius, A., Depari, G. S., & Huang, J. P. (2021). Marketing Mix And Repurchase intentionOf Cafe Industry During Covid-19: A Statistical And Data Mining Analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(2), 209–224.Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa (Ke-12). Bandung: Alfabeta.
Amilia, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Sewa Kamar Kost Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Samudra. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 267–280.
Amirulmukminin. (2020). Pengaruh Variasi Produk Dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Ilo Peta Kota Bima. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3).
Apriyadi, D. (2017). Analisis Pengaruh Ketepatan Waktu, Fasilitas Dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Di Stasiun Purwosari. Magistra, 29(99).
Ardilla, K. N. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Tempat Kost Dengan Fasilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Mahasiswa Uin Mahmud Yunus Batusangkar).
Arif, M. E. (2019). The Influence Of Electronic Word Of Mouth (Ewom), Brand Image, And Price On Re-Purchase Intention Of Airline Customers. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(2), 345–356.2
Candra, Y., & Zulbahri, L. (2018). Pengaruh Perceived Value Dan Fasilitas Terhadap Repurchase intentionWisatawan Di Objek Wisata Gunung Padang. Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(3), 56–69.
Chou, S., & Chen, C.-W. (2018). The Influences Of Relational Benefits On Repurchase intentionIn Service Contexts: The Roles Of Gratitude, Trust And Commitment. Journal Of Business \& Industrial Marketing, 33(5), 680–692.3
Cuong, D. T. (2021). The Impact Of Promotion And Price Perception On Buying Decision And Repurchase intentionThrough Online Shopping. Artificial Intelligence In Intelligent Systems: Proceedings Of 10th Computer Science On-Line Conference 2021, Vol. 2, 238–250.4
Dewi, M. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Minat Konsumen Berkunjung Kembali Pada Minimarket Alfamart Raya Sukodono Sidoarjo. Universitas Pgri Adi Buana Surabaya.
Faradisa, I., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Indonesian Coffeeshop Semarang (Icos Cafe). Journal Of Management, 2(2).
Fatimah, S. (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 17(2), 28–41.
Fitriyani, E., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan, Kualitas Pelayanan, Dan Kinerja Pustakawan Terhadap Minat Berkunjung Masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 585–595.
Gultom, H. C., Sakti, R. D. K., & Prabowo, H. (2021). Pengaruh Harga, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Hotel Chanti Semarang 2020. Bbm (Buletin Bisnis \& Manajemen), 7(2), 118–125.
Hadi, A. S. (2021). The Influence Of Product Attribute, Promotion Mix, Distribution Channel, And Price Toward Repurchase intentionOn Iphone. Asian Management And Business Review, 95–104.5
Husain, N., Karundeng, D. R., & Suyanto, M. A. (2022). Analisis Lokasi, Potongan Harga, Display Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Pada Alfamart Kayubulan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(1), 63–85.
Ilyas, M. A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management Marketing Management Marketing Management. In Pearson Practice Hall.
Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di I Cafe Lina Putra Net Bandungan. Journal Of Management, 4(4).
Mahendrayanti, M., & Wardana, I. M. (2021). The Effect Of Price Perception, Product Quality, And Service Quality On Repurchase intention. American Journal Of Humanities And Social Sciences Research, 5(1), 182–188.6
Miqdad, D. M., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang (Studi Pada Pelanggan Go-Ride Di Kota Madya Malang). Jiagabi (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 7(3), 77–86.
Muhamad, H. (2022). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Persaingan Usaha Rumah Kos (Sewa Kamar) Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Rumah Kos Di Kecamatan Sukarame Bandar Lampung Menurut Ekonomi Islam. Uin Raden Intan Lampung.
Palaguna, I. G. N. F., & Ekawati, N. W. (2016). Green Promotion Memedasi Green Packaging Terhadap Repurchase intention(Studi Pada Amdk Ades Di Kota Denpasar). Udayana University.7
Prihatini, W., & Gumilang, D. A. (2021). The Effect Of Price Perception, Brand Image And Personal Selling On The Repurchase intentionOf Consumers B To B Of Indonesian General Fishery Companies With Customer Satisfaction As Intervening Variables. European Journal Of Business And Management Research, 6(2), 91–95.8
Rahayu, W. P., & Hartiningtyas, L. (2022). Pengaruh Lokasi, Harga, Fasilitas, Dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Mahasiswa Mbs Dalam Menyewa Kamar Kost. Sentri: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 620–631.
Ratasuk, A., & Gajesanand, S. (2020). Factors Influencing Brand Image And Customer Repurchase intention: The Case Of Coffee Chain Shops Located In Gas Service Stations In Bangkok. University Of The Thai Chamber Of Commerce Journal Humanities And Social Sciences, 40(3), 171–188.9
Salim, M. A., Soliha, E., & Siswanto, A. B. (2020). Effect Location, Price Perception Of Satisfaction Customers And Impact On Repurchase intention. International Journal Of Civil Engineering And Technology (Ijciet), 11(5), 157–169.10
Saputra, Y., Sjafitri, H., & Candra, Y. (2016). Pengaruh Kualitas Jasa, Lokasi Dan Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Ulang Pada Bengkel Fery Motor Padang. Manajemen Dan Kewirausahaan, 7(3), 67–76.
Septianing, A. D., & Farida, N. (2021). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Berkunjung Kembali Melalui Kepuasan Pengunjung (Studi Obyek Wisata Goa Kreo Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 781–792.
Singh, S., & Alok, S. (2022). Drivers Of Repurchase intentionOf Organic Food In India: Role Of Perceived Consumer Social Responsibility, Price, Value, And Quality. Journal Of International Food \& Agribusiness Marketing, 34(3), 246–268.11
Susanto, T. W. P., Sudapet, I. N., Subagyo, H. D., & Suyono, J. (2021). The Effect Of Service Quality And Price On Customer Satisfaction And Repurchase intention(Case Study At Crown Prince Hotel Surabaya). Quantitative Economics And Management Studies, 2(5), 288–297.12
Wijaya, M. C., & Santoso, T. (2021). Pengaruh Persepsi Fasilitas Dan Citra Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Produk Starbucks Di Surabaya Dalam Tatanan New Normal Selama Masa Pandemi Covid-19. Agora, 9(2).
Yasri, Y., Susanto, P., Hoque, M. E., & Gusti, M. A. (2020). Price Perception And Price Appearance On Repurchase intentionOf Gen Y: Do Brand Experience And Brand Preference Mediate? Heliyon, 6(11), E05532.13
Published
2023-11-08
How to Cite
MARKANDHYA, I Wayan Lostha; JATRA, I Made. PENGARUH HARGA SEWA, FASILITAS DAN LOKASI TERHADAP NIAT MENYEWA KEMBALI PADA JASA RUMAH KOS DI DESA JIMBARAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 12, n. 10, p. 1016 - 1035, nov. 2023. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/103154>. Date accessed: 25 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2023.v12.i10.p01.
Section
Articles