ANTESEDEN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN SPIRITUAL DI BALI (THE ANTECEDENT OF SPIRITUAL TOURIST REVISIT INTENTION IN BALI)

  • Holil Pujiyati Universitas Udayana
  • I Putu Gde Sukaatmadja Universitas Udayana

Abstract

Bali merupakan daerah tujuan wisata (DTW) primadona di Indonesia, tingginya kunjungan wisatawan merupakan peluang besar untuk meningkatkan revisit intention pada pariwisata spiritual Bali. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh motivasi wisata spiritual, service quality, dan customer experience guna meningkatkan revisit intention pada wisatawan spiritual di Bali. Berdasarkan tingkat kunjungan wisatawan pada masing – masing kabupaten dan branding pariwisata spiritual, penelitian ini dilakukan di Kabupaten/Kota Tabanan, Badung, Gianyar, dan Karangasem dengan responden 50 orang wisatawan domestik dan 50 orang wisatawan mancanegara. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu statistik deskriptif, statistik inferensial, analisis jalur, dan uji asumsi klasik yang terdiri atas uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas serta uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan motivasi wisata spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer experience, service quality berpengaruh positif dan ssignifikan terhadap customer experience, motivasi wisata spiritual berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention.


Kata kunci : motivasi wisata spiritual, service quality, customer experience, revisit intention.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-03
How to Cite
PUJIYATI, Holil; SUKAATMADJA, I Putu Gde. ANTESEDEN MINAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN SPIRITUAL DI BALI (THE ANTECEDENT OF SPIRITUAL TOURIST REVISIT INTENTION IN BALI). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 21 - 39, jan. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/50532>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i01.p02.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)