PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI PADA PRODUK SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA DENPASAR
Abstract
Perkembangan teknologi di era globalisasi membawa banyak perubahan, ditandai dengan hadirnya smartphone. Salah satu merek yang beredar di pasar Indonesia adalah Smartphone Samsung. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh citra merek dan kepercayaan terhadap niat beli, serta peran kepercayaan memediasi pengaruh citra merek terhadap niat beli smartphone Samsung di Kota Denpasar. Ukuran sampel sebanyak 110 orang. Data diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert. Penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur serta uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli. Citra merek berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan. Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli. Hasil menunjukkan kepercayaan secara positif serta signifikan dapat memediasi pengaruh citra merek terhadap niat beli.