PERAN SHOPPING ENJOYMENT MEMEDIASI PENGARUH HEDONIC MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING

  • Putu Cindy Clarista Darmaningrum Universitas Udayana
  • I Putu Gde Sukaatmadja Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran shopping enjoyment memediasi hedonic motivation terhadap impulse buying. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Stradivarius Beachwalk. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 105 responden, dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan shopping enjoyment mampu  memediasi secara parsial hedonic motivation  terhadap impulse buying. Selanjutnya hedonic motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying; hedonic motivation berpengaruh positif dan signifikan terhadap shopping enjoyment; shopping enjoyment berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying; serta shopping enjoyment berperan sebagai variabel mediasi antara hedonic motivation dan impulse buying. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan bahwa hedonic motivation dan shopping enjoyment yang baik  sangat mempengaruhi impulse buying konsumen di Stradivarius Beachwalk.


 


Kata kunci: hedonic motivation, shopping enjoyment, impulse buying

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-03
How to Cite
DARMANINGRUM, Putu Cindy Clarista; SUKAATMADJA, I Putu Gde. PERAN SHOPPING ENJOYMENT MEMEDIASI PENGARUH HEDONIC MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 6, p. 3756 - 3783, june 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/45965>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p17.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)