PENGARUH PENGALAMAN BELANJA ONLINE, KEPUASAN PELANGGAN, DAN ADJUSTED EXPECTION TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI MELALUI TRAVELOKA

  • Ni Made Maya Devi Theresia Theresia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Made Wardana Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman belanja online, kepuasan pelanggan, dan adjusted expectations terhadap niat membeli kembali. Penelitian ini dilakukan pada Traveloka dengan sampel sebanyak 96 milenial yang berdomisili di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar, dengan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS (Partial Least Square). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa pengalaman belanja online berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, semakin baik pengalaman belanja secara online yang didapat oleh pelanggan maka kepuasan pelanggan akan semakin meningkat. Pengalaman belanja online tidak berpengaruh signifikan terhadap adjusted expectations. Kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap adjusted expectations, semakin tinggi tingkat kepuasan maka adjusted expectations juga akan semakin meningkat. Kepuasan pelanggan dan adjusted expectations berpengaruh signifikan terhadap niat membeli kembali.


Kata kunci : pengalaman, kepuasan, adjusted expectations, niat membeli kembali.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-03
How to Cite
THERESIA, Ni Made Maya Devi Theresia; WARDANA, I Made. PENGARUH PENGALAMAN BELANJA ONLINE, KEPUASAN PELANGGAN, DAN ADJUSTED EXPECTION TERHADAP NIAT MEMBELI KEMBALI MELALUI TRAVELOKA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 8, p. 4899 - 4926, aug. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/46468>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i08.p07.
Section
Articles