PERAN KESADARAN MEREK MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN ONLINE TERHADAP NIAT BELI PADA E-COMMERCE SOCIOLLA

  • I Gusti Ayu Swari Pradnyani Universitas Udayana
  • I Made Wardana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kesadaran merek dalam memediasi pengaruh daya tarik iklan online terhadap niat beli pada e-commerce Sociolla. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan sampel sebanyak 110 responden. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan metode survei, dengan instrumen kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan daya tarik iklan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek, daya tarik iklan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, serta kesadaran merek secara signifikan memediasi pengaruh daya tarik iklan online terhadap niat beli. Penelitian ini memperkuat penelitian sebelumnya dan memberikan wawasan bagi perusahaan bahwa niat beli konsumen dapat ditingkatkan bila konsumen memiliki kesadaran merek yang tinggi dan hal tersebut dapat dicapai dengan menampilkan iklan dengan daya tarik yang kuat.


Kata kunci: Daya Tarik Iklan Online, Kesadaran Merek, Niat Beli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179–211.
Gunawan, F. A., & Dharmayanti, D. (2014). Analisis Pengaruh Iklan Televisi dan Endorser Terhadap Niat Beli Pond’s Men Dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–14.
Ndlela, T., & Chuchu, T. (2016). Celebrity Endorsement Advertising: Brand Awareness, Brand Recall, Brand Loyalty as Antecedence of South African
Young Consumers’ Purchase Behaviour. Journal of Economics and Behavioral Studies, 8(2), 79–90.
Dewi, D. A. D. P., & Jatra, I. M. (2018). Peran Brand Awareness Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(8), 4599–4627.
Dewi, V. C., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Brand Awareness Memediasi Pengaruh Iklan Terhadap Niat Beli (Studi Pada Produk Pasta Gigi Merek Sensodyne Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(4), 1742-1770.
Dinata, S. A. M., Mangabarani, A. S., & Triwardhani, D. (2021). Analisis Niat Beli Pada E-Commerce (Studi Kasus pada Pengguna Sociolla di Kalangan Muda). Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 1073–1089.
Eliasari, P. R. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Dimediasi Oleh Perceived Quality dan Brand Loyalty. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(12), 6620–6650.
Fransiska, P. A., & Seminari, N. K. (2018). Peran Citra Merek Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli Honda Pcx 150. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(7), 3797-3826.
Grigaliunaite, V., & Pileliene, L. (2016). Emotional or Rational? The Determination of The Influence of Advertising Appeal on Advertising Effectiveness. Scientific Annals of Economics and Business, 63(3), 391–414.
Hasil Sensus Penduduk 2020. (2021). Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/01/21/1854/hasil-sensus-penduduk-2020.html.
Huang, Y. F., & Dang, H. S. (2014). An Empirical Analysis on Purchase Intention on Coffee Beverage in Taiwan. European Journal of Business and Management, 6(36), 182–196.
Jung, N. Y., & Seock, Y. K. (2016). The Impact of Corporate Reputation on Brand Attitude and Purchase Intention. Fashion and Textiles, 3(20), 1-15.
Keke, Y. (2015). Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Brand Awareness. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik. 2(1), 172–186.
Kotler, P, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, Fifteenth Edition. United States: Pearson Education.
Kotler, P, & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. United States: Pearson Education.
Mahardika, I. K. A., & Santika, I. W. (2021). Peran Brand Awareness Memediasi Daya Tarik Iklan Online Terhadap Niat Beli “Madanty Fashion.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(7), 652-671.
Marhadi, Sulistyowati, L., & Nursanti, A. (2014). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Daya Tarik Iklan dan Kredibilitas Endorser Terhadap Brand Attitude Pada Produk Handphone Android di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi, 22(1), 1–19.
Narayana, K. G. S., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran Brand Image Memediasi Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1962-1982.
Wicaksono, M. P. A, & Seminari, N. K. (2016). Pengaruh Iklan dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(8), 5098–5127.
Permatasari, L. G. I., Suprapti, N. W. S., & Suparna, G. (2021). Peran Kesadaran Merek Memediasi Pengaruh Daya tarik Iklan terhadap Niat Beli Mobil Merek Toyota. Buletin Studi Ekonomi, 26(1), 85–100.
Petahiang, I. L., Mekel, P., & Worang, G. F. (2015). The Influence of Brand Awareness and Perceived Risk Toward Consumer Purchase Intention on Online Store (Case Study of The Customer at Feb Unsrat Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(4), 481–492.
Prabawa, K. T. S., Sukawati, T. G R, & Setiawan, P. Y. (2017). Peran Brand Awareness Dalam Memediasi Hubungan Iklan dan Personal Selling dengan Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(2), 889-918.
Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230-5257.
Purnomo, T. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Pada Konsumen Herbalife di Surabaya. AGORA, 6(1), 1–7.
Qian, & Hongjian. (2018). The Impact of Advertising Appeals on Purchase Intention in Social Media Environment—Analysis of Intermediary Effect Based on Brand Attitude. Journal of Business Administration Research, 7(2), 17–28.
Roozy, E., Arastoo, M. A., & Vazifehdust, H. (2014). Effect of Brand Equity on Consumer Purchase Intention. Indian J.Sci.Res, 6(1), 212–217.
Setiawan, I. B. P. A., & Aksari, N. M. A. (2020). Peran Brand Awareness Dalam Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(6), 2352-2373.
Sogari, G., Pucci, T., Caputo, V., & Van Loo, E. J. (2022). The Theory of Planned Behaviour and Healthy Diet: Examining The Mediating Effect of Traditional Food. Food Quality and Preference, 104, 104709.
Sugiardi, A. B., & Harti. (2017). Pengaruh Iklan dan Atribut Produk Terhadap Brand Awareness Pada Produk Hufagripp. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 3(3), 30–35.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, I., & Semuel, H. (2015). Analisa Pengaruh Emotional Marketing Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Pada Produk Dove Personal Care Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 9(1), 23–34.
Upadana, M. W. K., & Pramudana, K. A. S. (2020). Brand Awareness Memediasi Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Unud, 9(5), 1921–1941.
Windalita, M., & Rosinta, F. (2013). Pengaruh Iklan Okezone.com di Media Cetak terhadap Brand Awareness. Jurnal Fisip-Ui, 1–16.
Published
2024-02-24
How to Cite
PRADNYANI, I Gusti Ayu Swari; WARDANA, I Made. PERAN KESADARAN MEREK MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN ONLINE TERHADAP NIAT BELI PADA E-COMMERCE SOCIOLLA. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 21 - 40, feb. 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/104079>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i01.p02.
Section
Articles