PERAN KEPERCAYAAN MEREK MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MADAME GIE

  • Ni Putu Devi Putri Dikayana Universitas Udayana
  • I Made Wardana Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian, pengaruh electronic word of mouth terhadap kepercayaan merek, pengaruh kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian, dan peran kepercayaan merek memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen Madame Gie di Kota Denpasar. Metode penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan 120 responden. Pengumpulan data melalui kuesioner dalam bentuk google form. Teknik analisis menggunakan analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek. Electronic word of mouth dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kepercayaan merek secara signifikan memediasi pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Implikasi teoritis dari penelitian ini adalah memberikan kontribusi ilmiah dan bukti empiris berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah dapat menjadi acuan bagi pihak manajemen dan pihak terkait lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adil, A. S., Asdar, M., & Ismail, M. (2018). Pengaruh Keterlibatan Pelanggan dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Akun Instagram Eiwa). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship (HJABE), 1(3), 37–50.
Adiwidjaja, A. J., & Tarigan, Z. J. H. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. AGORA, 5(3).
Alfina, A., & Triwardhani, I. J. (2018). Hubungan antara Electronic Word of Mouth pada E-Commerce Lazada dengan Keputusan Pembelian. Prosiding Manajemen Komunikasi, 4(2), 789–793.
Apriastuti, N. M. D., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Brand Awareness dan Electronic Word Of Mouth (EWOM) Terhadap Keputusan Pembelian di Situs Belanja Online Shopee di Kota Denpasar. Jurnal EMAS, 3(10), 71–80.
Candra, B. F., & Suparna, G. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6638–6657.
Chandra, R. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Magnum Blue di Kota Langsa. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 2(1), 40–49.
Charvia, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Experience terhadap Brand Trust (Studi terhadap Pengguna OVO di Jakarta). Prologia, 4(2), 237–244. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6483.
Compas.co.id. (2022). Intip Data Penjualan Kosmetik Wajah Terlaris di Shopee dan Tokopedia: Brand Makeup Lokal dan Impor Bersaing Sengit. Website: Https://Compas.Co.Id/Article/Brand-Makeup-Lokal/.
Databoks.katadata.co.id. (2022). Makin Meroket, Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. Website: Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/12/05/Makin-Meroket-Pendapatan-Produk-Kecantikan-Dan-Perawatan-Diri-Di-Ri-Capai-Rp11183-Triliun-Pada-2022.
Dewi, N. S., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(6), 3784–3813. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i06.p18.
Dinarwati, S., Hirawan, Z., & Hidayat, T. (2022). Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Konsumen di Toko Barokah Kecamatan Subang Kabupaten Subang. The World of Financial Administration Journal, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.37950/wfaj.v4i1.1338.
Eldwin-K., G. J. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Obien Surabaya di Jawa Timur. AGORA, 9(1).
Fatimah, A. N., & Widodo, T. (2021). Pengaruh Electronic Word-Of-Mouth Dalam Upaya Meningkatkan Brand Value Co-Creation dan Brand Trust yang Mengarah Pada Purchase Intention di Traveloka (Studi Pengguna Twitter di Kota Bandung). E-Proceeding of Management, 8(5), 4531–4538.
Fhonna, R. A., & Utami, S. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keterlibatan Keputusan Pembelian dan Kepercayaan Sebagai Pemediasi Pada Konsumen Shopee di Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 20–32.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.
Gvili, Y., & Levy, S. (2018). Consumer Engagement with eWOM On Social Media: The Role Of Social Capital. Online Information Review, 42(4), 482–505. https://doi.org/10.1108/OIR-05-2017-0158.
Hakim, I. N., & Nuryanto, I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kepercayaan Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Digital Canon di Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 1(2), 10–16.
Hanaysha, J. R. (2022). Impact Of Social Media Marketing Features On Consumer’s Purchase Decision In The Fast-Food Industry: Brand Trust As A Mediator. International Journal of Information Management Data Insights, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2022.100102.
Health.detik.com. (2022). BPOM Rilis Daftar 16 Kosmetik Berbahaya, Madame Gie Milik Gisel Termasuk. Website: Https://Health.Detik.Com/Berita-Detikhealth/d-6350568/Bpom-Rilis-Daftar-16-Kosmetik-Berbahaya-Madam-Gie-Milik-Gisel-Termasuk.
Irwinsyah, H., & Nurlatifah, H. (2020). Analisis Pengaruh Brand Trust, Product Factor, dan Sales Promotion Terhadap Customer Loyalty Melalui Purchase Decision di Matahari Departement Store. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.36722/jaiss.v1i1.457.
Junia, Y. I. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Pocari Sweat di Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(4), 360–363. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i4.12792.
Kasakeyan, R. F., Tawas, H. N., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk dan Experiental Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado. Jurnal EMBA, 9(4), 1208–1217.
Kioek, M. A. C., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2022). Pengaruh Instagram dan EWOM Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. Jurnal Bisnis Perspektif (BIP’s), 14(1), 11–28.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2020). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.
Mahendra, H. A. I., & Putri, K. A. S. (2022). Peran Endorser Selebriti, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Erigo (Studi Pada Mahasiswa di Kota Malang). Journal of Business and Applied Management, 15(1), 19–34.
Mariasih, A. A., & Setiyaningrum, A. (2021). Peran eWOM Quality, eWOM Quantity, dan eWOM Credibility dalam Membentuk Corporate Image dan Mendorong Purchase Intention: Studi Empiris pada Jasa Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 19(1), 1–20.
Maryati, & M.Khoiri. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.
Mawadah, M., & Mada, Y. P. (2021). Pengaruh Social Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Brand Image Lazada (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 1(3), 284–290.
Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju Batik di Toko “Florensia” Kota Sawahlunto. Jurnal Matua, 3(1), 13–24.
Nasyaikin, A., & Sampeliling, A. (2021). Pengaruh kelompok acuan, kualitas produk dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian. KINERJA, 18(4), 648–656.
Noviandini, N. P. T., & Yasa, N. N. K. (2021). Peran Brand Trust Memediasi Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 10(11), 1201–1220. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i11.p08.
Nur, D. S., & Octavia, A. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Mediasi Pada Marketplace Shopee di Kota Jambi. Jurnal ManajemenTerapan Dan Keuangan (Mankeu), 11(2), 387–399.
Padmawati, N. M., & Suasana, I. G. A. K. G. (2020). Peran Kepercayaan Merek dalam Memediasi Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chatime di Bali. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2621–2641. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p08.
Puspayani, S., Jessica, & Budiarto. (2021). Pengaruh Konten Social Media Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(8), 4084–4092.
Puteri, A., Sutomo, M., & Mubaraq, R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Produk Handphone Vivo di Kalangan Mahasiswa S1 Universitas Tadulako. JURNAL ILMU MANAJEMEN UNIVERSITAS TADULAKO, 4(3), 245–252.
Putri, N. Z., & Widodo, T. (2022). Analisis Pengaruh Customer Review Dan Influencer Review Dengan Trust Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Purchase Intention Pada E-Commerce (Studi Pada Tokopedia). E-Proceeding of Management, 9(3), 1308–1315.
Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.com. Jurnal Manajemen Magister, 3(1), 96–106.
Soinbala, R., & Bessie, J. L. D. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (e-WOM) Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian`445. GLORY Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 65–83.
Stefanny, N., Rahmiati, F., & Roni, M. (2022). The Role Of Brand Image And Brand Trust In Mediating The Influence Of E-WOM On Purchase Decision (Case Of Video-On-Demand Netflix). IDEAS: Journal of Management & Technology, 2(1), 12–21. https://doi.org/10.33021/ideas.v2i1.3696.
Suara.com. (2022). Hingga Juli 2022, Industri Kosmetik Meningkat 83% dan Didominasi UKM. Website: Https://Www.Suara.Com/Pressrelease/2022/09/13/105011/Hingga-Juli-2022-Industri-Kosmetik-Meningkat-83-Dan-Didominasi-Ukm?Page=all.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Edisi 2) (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Swastha, B., & Handoko, H. (2015). Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.
Syafaruddin, Z., Suharyono, & Kumadji, S. (2016). Pengaruh Komunikasi Electronicword of Mouth Terhadap Kepercayaan (Trust) Dan Niat Beli (Purchase Intention) Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Online Shopping Zafertech.com). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 65–72.
Syahdiany, G., & Trinanda, O. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Customer Experience terhadap Brand Trust Transmart Carrefour Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 226–231.
Trigani, I., & Tobing, R. P. (2022). Pengaruh Social Media Advertising dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Trust Produk Sepatu Lokal. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(2), 46–59. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i2.649.
Vongurai, R., Elango, D., Phothikitti, K., & Dhanasomboon, U. (2018). Social Media Usage, Electronic Word of Mouth and Trust Influence Purchase-Decision Involvement in Using Traveling Services. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 6(4), 32–37.
Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 190–209.
Yulianto, M. R., & Soesanto, H. (2019). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan dan Citra Merek Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Lazada.co.id di Semarang. Diponegoro Journal of Management, 8(3), 1–9.
Published
2024-05-30
How to Cite
DIKAYANA, Ni Putu Devi Putri; WARDANA, I Made. PERAN KEPERCAYAAN MEREK MEMEDIASI PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MADAME GIE. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 5, p. 722 - 745, may 2024. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/106469>. Date accessed: 13 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2024.v13.i05.p01.
Section
Articles