TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP PENCANTUMAN KLAUSULA EKSONERASI PADA NOTA LAUNDRY

  • Ida Ayu Maharani Chintya Anjani
  • I Wayan Novy Purwanto

Abstract

Laundry merupakan usaha di bidang bisnis yang mengandalkan jasa untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Dalam pelaksanaanya terdapat perjanjian yang mengikatkan pelaku usaha dengan konsumen yang termuat dalam ketentuan – ketentuan pada nota laundry. Persaingan antar usaha jasa laundry menimbulkan kerusakan yang seharusnya dipertanggung jawabkan oleh pelaku usaha, tetapi masih banyak terdapat ketentuan pada nota laundry bahwa kerusakan yang terjadi merupakan diluar tanggung jawab laundry.


Apakah pencantuman klausula tidak bertanggung jawab pada nota laundry termasuk klausula eksonerasi dan bagaimana pelaku usaha bertanggungjawab terhadap pencantuman klausula eksonerasi yang mengakibatkan konsumen mengalami kerugian merupakan dua permasalahan dalam penelitian ini. Karya ilmiah ini menggunakan bahan pustaka serta mengkaji literatur – literatur dalam bidang hukum yang merupakan suatu metode penelitian hukum normatif.


Pencantuman klausula tidak bertanggung jawab oleh pelaku usaha merupakan klausula eksonerasi yang dibuat secara sepihak sehingga dapat merugikan konsumen sehingga pelaku usaha bertanggung jawab dengan memberikan kompensasi, ganti rugi dalam bentuk barang, uang serta perawatan kesehatan.


Kata Kunci : Tanggung jawab, kerugian, dan konsumen.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-05
How to Cite
ANJANI, Ida Ayu Maharani Chintya; PURWANTO, I Wayan Novy. TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP PENCANTUMAN KLAUSULA EKSONERASI PADA NOTA LAUNDRY. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 8, n. 3, p. 438-451, feb. 2020. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/57489>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>