UPAYA PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA KOPERASI MERTHA SARI BUANA

  • AA. Gede Romi Antika
  • I Wayan Novy Purwanto

Abstract

Judul penelitian ini yaitu “Upaya Penyelesaian Kredit Macet Pada Koperasi Mertha Sari Buana”. Yang dijadikan is u hukum pada penelitian jurnal ini yaitu Bagaimanakah upaya penyelesaian kredit macet pada Koperasi Mertha Sari Buana?. Permasalahan hukum ini dijadikan pusat kajian yaitu dengan alasan bahwa adanya suatu fenomena hukum yang terjadi dalam masyarakat. Sehingga sangat penting untuk dikaji.  


Jenis penelitian jurnal ini yakni memakai penelitian yuridis empiris. Pemilihan jenis penelitian itu, dikarenakan kesenjangan aturan dengan kenyataannya. Segai penunjang penelitian ini, digunakan data yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer padapenelitian ini yakni bersumber pada hasilwawancara dengan pihak responden dan informan. Sedangkan, data sekuder didapatkan dari berbagai bahan hukum dan juga pustaka.


Upaya penyelesaian dari kredit macet ini yakni dengan menggunakan cara yang dipakai oleh Koperasi Mertha Sari Buana yakni dengan cara memberikan beberapa kali peringatan. Apabila dalam pelaksanaannya tetap tidak bersedia membayar kreditnya maka pihak Kopersi Mertha Sari Buana akan melakukan pendekatan secara baik-baik. Maksudnya, dilakukan dengan cara melakukan pendekatan-pendekatan dengan secara kekeluargaan. Pendekatan ini merupakan upaya yang disepakati dalam Koperasi Mertha Sari Buana karna telah menjadi pedoman dalam menagih kredit yang macet. Pada kenyataannya, kredit macet ini sudah biasa dialami oleh Koperasi Mertha Sari Buana. Menurut Bonet selaku nasabah Koperasi Mertha Sari Buana menyebutkan bahwa upaya pendekatan secara kekeluargaan itu sanagat baik untuk diterapkan karena membuat debitur merasa malu untuk tidak melunasi kreditnya. Dengan demikian, tahapan ini merupakan upaya penyelesaian yang santun dan juga dianggap baik oleh masyarakat. Sehingga upaya ini pun sering dipakai oleh Koperasi Mertha Sari Buana dalam mengatasi kredit macet.


Kata Kunci : Kredit, Upaya, Penyelesaian dan Koperasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-18
How to Cite
ANTIKA, AA. Gede Romi; PURWANTO, I Wayan Novy. UPAYA PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA KOPERASI MERTHA SARI BUANA. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 6, n. 9, p. 1-12, july 2019. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/53812>. Date accessed: 17 june 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>