PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA PADA PT BANK PERKREDITAN RAKYAT KITA DI BADUNG

  • Ida Bagus Gede Manu Widnyana Pemaron
  • Ida Bagus Putra Atmadja

Abstract

Perjanjian kredit mempunyai fungsi penting untuk mengurangi resiko tidak dipenuhinya kewajiban (Wanprestasi) oleh debitur. Didalam perjanjian kredit perlu adanya sebuah jaminan fidusia, dimana jaminan fidusia tersebut digunakan untuk mengurangi kerugian. Dalam hal debitur tidak memenuhi kewajiban atau wanprestasi.


Jenis Penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan sumber data primer berupa data penelitian yang diperoleh melalui wawancara. Serta ditunjang dengan data sekuder berupa permasalahan yang ada.


Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat akibat hukum beserta upaya penyelesaian wanprestasi yang dilakukan secara kekeluargaan dan pemberian surat peringatan, beserta upaya pelelangan jaminan fidusia.


Kata Kunci : Penyelesaian Wanprestasi, Perjanjian Kredit, Jaminan Fidusia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-17
How to Cite
PEMARON, Ida Bagus Gede Manu Widnyana; ATMADJA, Ida Bagus Putra. PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KREDIT DENGAN JAMINAN FIDUSIA PADA PT BANK PERKREDITAN RAKYAT KITA DI BADUNG. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 7, n. 9, p. 1-16, june 2019. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/50746>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KM.2019.v07.i07.p14.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>