TANGGUNG JAWAB HUKUM PRODUSEN ATAS KETIDAKSESUAIAN PRODUK DENGAN REPRESENTASI VISUAL PADA PLATFORM E-COMMERCE

  • Farly Amili Telaumbanua Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Nyoman Satyayudha Dananjaya Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penulisan ini ialah mengkaji tanggung jawab produsen atas ketidaksesuaian produk dengan representasi visual pada platform E-Commerce. Strategi yang didasarkan pada ketetapan dan konsep digunakan dalam kajian penelitian hukum normatif ini. Mencari tahu siapa yang bertanggung jawab ketika penggambaran visual suatu produk oleh platform e-commerce tidak sesuai dengan kenyataan menjadi kekuatan pendorong di balik penelitian ini. Berdasarkan temuan, peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang perdagangan elektronik (jual beli online) antara pelaku usaha dengan pelanggan terkodifikasi dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 yang telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2024. Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Perdagangan melalui Sistem Elektronik juga mengatur perdagangan elektronik dengan aturan yang lebih rinci. Produsen wajib menjunjung tinggi hak-hak konsumen dan mematuhi peraturan perundang-undangan perlindungan konsumen sesuai PP No. 80 Tahun 2019. Ketika produk tidak memenuhi harapan, baik dari deskripsi maupun tampilan, maka produsenlah yang harus menanggung beban finansial. Hak untuk membatalkan atau menukar pembelian dijamin kepada pelanggan berdasarkan Pasal 69 ayat (2) PP No. 80 Tahun 2019. Pengembalian dana, penggantian produk (pengembalian), penyediaan layanan kesehatan, kompensasi, dan hukuman pidana merupakan pertanggungjawaban yang dapat dimintai pada produsen berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Pengadilan dan bentuk penyelesaian konflik alternatif lainnya tersedia untuk digunakan jika terjadi perselisihan.


ABSTRACT


The purpose of this study is to examine the liability of producers for product non-confirmity with visual representations on e-commerce platforms. The makers' responsibility for products that don't match up with online store images is what this research is all about. Using both statutory and conceptual frameworks, this study conducts normative legal research. The results show that Law Number 11 of 2008 on Electronic Information and Transactions, as revised by Law Number 1 of 2024, governs the regulation of e-commerce between producers and consumers. Government Regulation no. 80 of 2019 Regarding Trade Through Electronic Systems lays forth more particulars on e-commerce. Producers are obligated to uphold consumer rights and adhere to consumer protection standards as outlined in Government Regulation No. 80 of 2019. If a product does not match its description or the way it seems in the picture, the manufacturer might face legal consequences. Customers have the right to return or exchange products or get a refund within the terms of Government Regulation No. 80 of 2019 (Article 69 paragraph 2). Producers may be criminally prosecuted and held liable for damages under the Consumer Protection Law. This includes the provision of health services, compensation, replacement of products, refunds, and returns. The courts or other forms of alternative dispute resolution may be used to try to settle a disagreement.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-09
How to Cite
TELAUMBANUA, Farly Amili; DANANJAYA, Nyoman Satyayudha. TANGGUNG JAWAB HUKUM PRODUSEN ATAS KETIDAKSESUAIAN PRODUK DENGAN REPRESENTASI VISUAL PADA PLATFORM E-COMMERCE. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 13, n. 5, p. 772-783, may 2025. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/121791>. Date accessed: 09 may 2025. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2025.v13.i05.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>