Deteksi Virus Avian Influenza Subtipe H5N1 pada Itik di Pasar Hewan Beringkit dan Pasar Galiran, Bali DETECTION OF AVIAN INFLUENZA VIRUSES H5N1 SUBTYPE OF DUCK IN BERINGKIT ANIMAL MARKET AND GALIRAN PUBLIC MARKET, BALI

Main Article Content

Ni Wayan Intan Martinez Gusti Ayu Yuniati Kencana I Nyoman Dibia

Abstract

Avian Influenza merupakan penyakit zoonosis disebabkan oleh virus Avian Influenza (AI) subtipe H5N1, penyakit ini ditemukan hampir di seluruh belahan dunia.  Itik adalah unggas air yang merupakan inang alami virus AI. Virus AI subtipe H5N1 yang menyerang unggas dapat ditemukan pada unggas hidup yang dijual di pasar. Pasar hewan berperan penting dalam penyebaran virus AI dari unggas ke unggas, serta dari unggas ke manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sirkulasi virus AI pada itik di Pasar Hewan Beringkit dan Pasar Galiran, Bali.  Total sampel 120 swab kloaka dan trakea itik diambil di pasar hewan Beringkit dan Galiran masing-masing 60 sampel.  Sampel swab digabung (pooling) berdasarkan pedagang itik dan waktu pengambilan. Isolasi virus dilakukan pada telur ayam bertunas (TAB) berumur sembilan hari.  Carian allantois yang dipanen selanjutnya diuji serologis hemaglutinasi (HA/HI) dan uji Reverese Transkriptase Polymerase Chain Reaction. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan masing-masing satu sampel positif virus AI subtipe H5N1 dari setiap pasar dengan proporsi positif di kedua pasar sebesar 1,7% (2/120). Data ini mengindikasikan bahwa virus AI subtipe H5N1 masih bersirkulasi di Pasar Hewan Beringkit dan Galiran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MARTINEZ, Ni Wayan Intan; KENCANA, Gusti Ayu Yuniati; DIBIA, I Nyoman. Deteksi Virus Avian Influenza Subtipe H5N1 pada Itik di Pasar Hewan Beringkit dan Pasar Galiran, Bali. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 442-449, sep. 2021. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/58508>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2021.22.3.442.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)