Potensi Vaksin Lasota Terhadap Tantangan Virus Newcastle Disease Velogenik Lapang POTENCY OF LASOTA VACCINE AGAINST CHALLANGING OF FIELD-VELOGENIC NEWCASTLE DISEASE VIRUS

Main Article Content

Fajar Mubarok Gusti Ayu Yuniati Kencana I Nyoman Suartha Arini Nur Handayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat proteksi vaksin aktif tetelo atau Newcastle Disease (ND) strain Lasota (Sanavac ND LS) terhadap tantangan virus ND velogenik isolat lapang. Sampel penelitian sebanyak 60 ekor ayam Spesific Pathogen Free (SPF) yang dipelihara sejak umur sehari (day old chick=DOC) yang dibagi menjadi empat kelompok.  Kelompok I divaksin dengan vaksin aktif  ND strain Lasota A (Sanavac ND LS) melalui tetes mata, kelompok II divaksin dengan vaksin aktif ND strain Lasota B (kompetitor), kelompok III (kontrol positif) tidak divaksin, diinjeksi dengan aquadest dan ditantang, kelompok IV (kontrol negatif, tidak divaksin, tidak ditantang). Pengujian protektivitas dengan mengukur titer antibodi periode 1 dan 2 minggu pascavaksinasi pada semua kelompok terhadap antigen virus ND Lasota, G7 dan Sato. Uji tantang dilakukan dua minggu pascavaksinasi dengan menyuntikkan virus ND velogenik (G7 dan Sato) pada kelompok (I, II, III) dengan dosis ND Sato 0,5 mL yang mengandung titer virus 104CLD50 dan dosis ND G7 0,5 mL yang mengandung titer virus 105,5EID50, sedangkan kelompok IV tidak ditantang. Pengamatan gejala klinis pascatantang dilakukan selama dua minggu. Pengukuran titer antibodi post tantang dilakukan selama dua minggu dengan uji hambatan hemaglutinasi/HI. Hasil penelitian menujukkan rataan titer antibodi dua minggu pascavaksinasi berkisar diantara 5,45 HI log2 dan 7,28 HI log2. Pada dua minggu pascatantang ayam yang divaksin survive 100%. Rataan titer antibodi ayam dua minggu pascatantang pada kelompok I dan II berkisar 8,4 HI log2 hingga 9,9 HI log2.  Hasil uji tantang pada kelompok ayam kontrol ditandai dengan gejala klinis depresi hebat, kesulitan bernafas, tortikolis, dan mati 100% pada 3-4 hari pascatantang. Hasil nekropsi kelompok ayam kontrol ditemukan perdarahan petekie pada proventrikulus, trakhea, usus, dan hati. Disimpulkan bahwa vaksin aktif ND strain Lasota A (Sanavac ND LS) efektif melindungi ayam dari virus ND velogenik lapang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
MUBAROK, Fajar et al. Potensi Vaksin Lasota Terhadap Tantangan Virus Newcastle Disease Velogenik Lapang. Jurnal Veteriner, [S.l.], p. 27-35, mar. 2022. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/62451>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/jveteriner.2022.23.1.27.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>