Strategi Peningkatan Kualitas Produk Minuman Kopi Di Coffee Shop EFG Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD)

Main Article Content

Dani Endrio Sulaeman Anak Agung Putu Agung Suryawan Wiranatha I Wayan Gede Sedana Yoga

Abstract

ABSTRACT


 


The revenue of Coffee Shop EFG xperienced fluctuations in 2023. Based on interview results, the decline in revenue was caused by a decrease in the number of customers, likely due to the presence of competing coffee shops located along the same route. The objective of this research is to determine the product quality attributes of coffee drinks that are considered important by customers, understand the level of importance and customer satisfaction, and formulate business development strategies. This research uses the Quality Function Deployment method. The analysis results indicate that there are 11 product quality attributes of coffee drinks that are considered important by customers. The highest importance value is promotion (4,59), while the highest customer satisfaction value is cleanliness (4,33). The technical parameters that need to be evaluated and improved are coffee powder brewing, coffee bean grinding, and coffee bean weighing. The recommended business development strategies include promotion enhancement, adding product variations, and conducting monthly evaluations.


Keywords: Quality Function Deployment, improving product quality, coffee drinks


 


ABSTRAK


 


Pendapatan Coffee Shop EFG mengalami fluktuasi pada tahun 2023. Berdasarkan dari hasil wawancara, penurunan pendapatan itu disebabkan oleh menurunnya jumlah konsumen yang kemungkinan disebabkan adanya coffee shop pesaing yang berada dijalur yang sama. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menentukan atribut mutu produk minuman kopi yang dianggap penting oleh konsumen, mengetahui tingkat kepentingan serta kepuasan konsumen, dan merumuskan strategi pengembangan usaha. Penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 11 atribut mutu produk minuman kopi yang dianggap penting oleh konsumen. Nilai kepentingan tertinggi adalah promosi (4,59), sedangkan nilai kepuasan konsumen tertinggi yaitu kebersihan (4,33). Adapun parameter teknis yang harus dievaluasi dan di perbaiki adalah penyeduhan bubuk kopi, penghalusan biji kopi, dan penimbangan biji kopi. Strategi pengembangan usaha yang dapat direkomendasikan adalah pengembangan promosi, penambahan variasi produk, dan melakukan evaluasi setiap bulan.


Kata kunci: Quality Function Deployment, peningkatan kualitas produk, minuman kopi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
ENDRIO SULAEMAN, Dani; AGUNG SURYAWAN WIRANATHA, Anak Agung Putu; SEDANA YOGA, I Wayan Gede. Strategi Peningkatan Kualitas Produk Minuman Kopi Di Coffee Shop EFG Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 390-399, oct. 2024. ISSN 2503-488X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jtip/article/view/119405>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JRMA.2024.v12.i03.p09.
Section
Articles

References

Alfiana, F., Hartiati, A., dan Yoga, I. W. G. S. 2020. Identifikasi prioritas perbaikan pada kualitas produk es kopi susu di Kovfee-Bali dengan metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 8(4): 502-512. https://doi.org/10.24843/jrma.2020.v08.i04.p03.
Arifianto, I., Oktiarso, T., dan Widiyanto, S. 2014. Peningkatan kualitas pelayanan bengkel garuda dengan metode QFD dan model kano. SYMBOL, 1(1): 45-57.
Asiah, N., Septiyana, F., Saptono, U., Cempaka., dan Sari D. A. 2017. identifikasi cita rasa sajian tubruk kopi robusta Cibulao pada berbagai suhu dan tingkat kehalusan penyeduhan. Jurnal Unsika Barometer, 2 (2): 52-56. https://doi.org/10.35261/barometer.v2i2.905.
Azhari, M. A., SW, C., dan Irianti, L. 2015. Rancangan produk sepatu olahraga multifungsi menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 4(3): 241-252.
Darmanto, M. A., Adib A., dan Wijayanti, A. 2013. Perancangan corporate identity dan kemasan kopi surya Kintamani Bali. Jurnal DKV Adiwarna, 1(2): 1-12. https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/607/534.
International Coffee Organization (ICO). 2023. Coffee report and outlook (CRO). https://icocoffee.org/documents/cy2022-23/Coffee_Report_and_Outlook_April_2023_-_ICO.pdf. (Diakses Juli 2024).
Irawati, D. Y., Singgih, M. L., dan Syarudin, B. 2016. Integrasi Quality Function Deployment (QFD) dan conjoint analysis untuk mengetahui preferensi konsumen. Jurnal Optimasi Sistem Industri 13(2): 618-640. https://doi.org/10.25077/josi.v13.n2.p618-640.2014.
Kementerian Perdagangan. 2017. Perbedaan kopi arabika dan robusta. http://plk.bappebti.go.id:14141/News/DetNews?newsId=9022ed49-77d6-4ddb-a984-dfe5bb6a20c8#:~:text=Bahkan%20kopi%20robusta%20memiliki%20kadar,kafein%20kopi%20arabika%20hanya%201.2%25. (Diakses Oktober 2023).
Kotler, P., dan Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Erlangga: Jakarta.
Natakusumah, F. D., Wiranatha, A. A. P. A. S., dan Satriawan, I. K. 2019. Strategi pengembangan usaha melalui peningkatan kualitas produk ice coconut long black di Titik Temu Coffee Shop, Seminyak, Badung. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 7(4): 604-614. https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i04.p12.
Nuraziizah, Z., Mandei, J. R., dan Loho, A. E. 2023. Analisis kepuasan konsumen pada kopi Lain Hati Manado. Jurnal Transdisiplin Pertanian, 19(1): 449-56.
Penora, Y., Fauzi, D., dan Dermawan, A. 2022. Perilaku konsumen kopi di Parewa Coffee Shop Kota Padang. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian, 7(5): 182–89. https://doi.org/10.37149/jia.v7i5.63.
Saputra, S., Putri, E. D. H., dan Hakim, M. F. N. 2020. Mempertahankan kualitas produk dan kulitas pelayanan barista di Senja Coffee and Memories Yogyakarta. Jurnal Pariwisata, 7(1): 63-73. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/8137.
Siregar, S. 2014. Metode penelitian kuatitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Soekarno, S., Tantri, S. U., dan Siswi, J. 2012. Proses penghalusan kopi robusta menggunakan mesin pembubuk tipe hammer mill. Jurnal Industri Teknologi Pertanian, 6(1).
Sugiyono. 2009. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suroija, N. 2010. Studi tentang brand resonance melalui brand feeling pada honda tiger di kota Semarang. Tesis. Universitas Diponegoro.
Whelen, T. L., dan Hunger, J. D. 2008. Strategic management and business policy. Pearson Education Inc, New Jersey.
Zulkarnaen, W., dan Amin, N. N. 2018. Pengaruh strategi penetapan harga terhadap kepuasan konsumen (studi terhadap Rena Laundry dan Simply 122 Fresh Laundry jalan Cikutra Bandung). Jurnal Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 2(1): 106-126. https://doi.org/10.31955/mea.v2i1.52.