Peningkatan Kualitas Produk Lulur Varian Lidah Buaya Di UD. Sekar Jagat Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD)
Main Article Content
Abstract
ABSTRACT
Aloe vera scrub is a body treatment that comes from the natural ingredient aloe vera which is known to have moisturizing benefits for the skin. This research aims to determine the attributes that consumers consider important for the aloe vera variant of the Sekar Jagat scrub product, analyze the level of importance and consumer satisfaction with the quality of the Aloe Vera variant of the Sekar Jagat scrub product and formulate a priority strategy for improving the quality of the Aloe Vera variant of the Sekar Jagat scrub. This research analysis uses the Quality Function Deployment method. Determination of sample size in this study used non-probability sampling techniques. The number of samples used in this research was 80 respondents. Based on the research that has been conducted, there are 10 consumer interest attributes, with the highest importance value being aroma (4.49) and the lowest being the price attribute (4.23). The attribute that has the lowest satisfaction value is information on the packaging (3.14). The strategy that can be recommended to improve product quality is that the company needs to evaluate the attributes that have the highest priority for improvement based on the improvement ratio, namely the information attributes on the packaging, packaging size and content. The company needs to evaluate the technical parameters that have priority for improvement based on the level value. technical interests, namely determining the formula, mixing and secondary packaging. With a deep understanding of consumer needs and preferences, as well as implementing effective marketing strategies, the company has the potential to strengthen its position in the market and increase sales of its products in the future
Keywords : product quality, aloe vera variant of body scrub, Quality Function Deployment
ABSTRAK
Lulur lidah buaya merupakan salah satu perawatan tubuh yang berasal dari bahan alami lidah buaya yang dikenal memiliki manfaat melembabkan untuk kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang dianggap penting oleh konsumen terhadap produk lulur sekar jagat varian lidah buaya, menganalisa tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen terhadap kualitas produk lulur sekar jagat varian lidah buaya dan merumuskan strategi prioritas peningkatan kualitas lulur sekar jagat varian lidah buaya. Analisis penelitian ini menggunakan metode Quality Function Deployment. Penentuan ukuran sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 80 responden. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat 10 atribut kepentingan konsumen, dengan nilai kepentingan yang tertinggi yaitu aroma (4,49) dan yang terendah atribut harga (4,23). Atribut yang memiliki nilai kepuasan terendah yaitu informasi pada kemasan (3,14). Strategi yang dapat direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas produk yaitu pihak perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap atribut yang memiliki prioritas perbaikan tertinggi berdasarkan rasio perbaikan yaitu atribut informasi pada kemasan, ukuran kemasan dan kandungan, pihak perusahaan perlu melakukan evaluasi terhadap parameter teknis yang memiliki prioritas perbaikan berdasarkan nilai tingkat kepentingan teknis yaitu penentuan formula, pencampuran dan pengemasan sekunder. Dengan pemahaman yang mendalam mengenai kebutuhan dan preferensi konsumen, serta penerapan strategi pemasaran yang efektif, perusahaan memiliki potensi untuk memperkuat posisinya di pasar dan meningkatkan penjualan produknya di masa depan.
Kata kunci : kualitas produk, lulur varian lidah buaya, Quality Function Deployment
Downloads
Article Details
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Seluruh artikel di Jurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertangggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab Penulis.
References
Benedicta, Y. G., Pranayama, A. dan Sutanto, R. P. 2022. Perancangan media edukasi untuk membantu remaja wanita dalam mengenal jenis kulit sebelum menggunakan skincare. Jurnal DKV Adiwarna, 1(9), 130–140. https://doi.org/https://doi.org/publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/12407
Burhan, F. U., Maspiyah, D. dan Kes, M. 2013. Pengaruh proporsi tepung buah pare dan cream original lulur pada hasil jadi lulur untuk perawatan tubuh. E-Journal, 02, 16–26.
Cohen. 1995. Quality function deployment, how to make qfd work for you. Addison Wisly Publishing.
Lestari, A. I., Septiyanti. dan Sumiati. 2022. Gambaran penggunaan kosmetik krim wajah dengan kejadian iritasi kulit pada mahasiswi FKM UMI angkatan 2019. Window of Public Health, 3(5), 877–888. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/Jsm.1.1.
Nasution, Z., Agustina, M. dan Hareva, P. H. 2022. Formulasi dan uji stabilitas fisik sediaan lulur krim ekstrak daun pandan wangi (Pandanus Amaryllifolius Roxb). Herbal Medicine Journal, 5(2), 261–2625. https://doi.org/https://doi.org/10.58996/hmj.v5i2.71
Ningsih, J. P., Azara, R. dan Hudi, L. 2022. Pengaruh proporsi dan lama pengeringan terhadap karakteristik teh kulit lidah buaya (Aloe vera)- nanas (Ananas comosus). Procedia of Engineering and Life Science, 2(2), 99–106.
Oktaviana. M., Rejeki. D. P., Mardiana. R. dan Dita. S. F. 2021. Formulasi sediaan lotion dari ekstrak buah alpukat (Persea Americana) dan lidah buaya (Aloe Vera) untuk kulit kering. Journal Pharmaceutical and Health Research, 2(2), 50–53. https://doi.org/https://doi.org/10.47065/jharma.v2i2.896
Ponda, H., Fatma, N. F. dan Kadir, N. 2021. Penerapan metode Quality Function Deployment (qfd) dalam pengembangan produk body mist (studi kasus perusahaan parfum). Jurnal Heuristic, 18(2), 97–118.
Rahayu, Y. dan Suarna, I. F. 2017. Analisis kesadaran dan loyalitas merek kosmetik herborist. Jurnal Ekubis, 2(1), 185–201.
Sucindrawati, N. L. K. A. S., Usadha, I. D. N. dan Merta, I. K. 2022. Peran branding terhadap keputusan pembelian dimediasi word of mouth marketing di perusahaan lulur sekar jagat. Jurnal Satyagraha, 05(02), 262–268. http://ejournal.universitasmahendradatta.ac.id/index.php/satyagraha
Suwana, I. K. R., Tuningrat, I. A. M. dan Satriawan, I. K. 2015. Penerapan Quality Function Deployment (QFD) untuk memenuhi kepuasan pelanggan cv.tirta TamanBali-Bangli. Maret, 3(1), 106–116.
Yanti, N. M. Y. W., Yuarini, D. A. A. dan Wiranatha, A. S. 2023. Strategi peningkatan kualitas produk rumah makan babi guling men janji di Tabanan. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri , 11(3), 361–373.
Efendi, Z. 2007. Penerapan Quality Function Deployment (QFD) untuk peningkatan kinerja industri kecil bakso sapi berdasarkan kepuasan pelanggan. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 2(2), 83–91. https://doi.org/https://doi.org/10.31186/jspi.id.2.2.85-90