Strategi Peningkatan Kualitas Rujak Kuah Pindang Di Warung D’Abian Kelan

Main Article Content

Ni Kadek Gita Kurniawati Amna Hartiati I Ketut Satriawan

Abstract

ABSTRACT


 


Quality improvement in pindang sauce salad is the focus of research to get the right strategy as an effort to improve the process of making pindang sauce salad so that it can meet consumer satisfaction. Pindang sauce salad is a food that comes from a mixture of several fresh fruits using spices including fish broth and seasonings. The purpose of this study is to determine the quality attributes of products that are considered important to consumers of pindang sauce salad products, analyze the priority of improvement of pindang sauce salad products and determine the right strategy to improve the quality of pindang sauce salad products. The research method used is quality function deployment, using qualitative and quantitative data through observation and survey methods. The results obtained quality attributes that are considered important by consumers are the quality of pindang sauce, fruit quality, salad flavor, appearance, price, portion, durability, quality of shrimp paste. Prioritizing the improvement of the quality of pindang sauce salad in D'Abian Kelan shop is on the quality attribute of shrimp paste with the highest improvement ratio of (1.121), price attributes (1.119), and durability attributes (1.116). The strategy to improve the quality of pindang sauce salad at the D'Abian Kelan shop is to evaluate the technical parameters that have the highest priority for improvement based on the value of the level of technical importance, namely the technical parameters of raw material preparation, portioning of raw materials and making pindang sauce.


Keywords : Pindang sauce salad, product quality, customer satisfaction, quality function


deployment (QFD)


 


ABSTRAK


 


Peningkatan kualitas pada rujak kuah pindang menjadi fokus penelitian untuk mendapatkan strategi yang tepat sebagai usaha perbaikan proses pembuatan rujak kuah pindang sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen. Rujak kuah pindang merupakan makanan yang berasal dari campuran beberapa buah segar menggunakan bumbu diantaranya kaldu ikan dan bumbu penyedap. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui atribut mutu produk yang dianggap penting bagi konsumen produk rujak kuah pindang, menganalisis prioritas perbaikan terhadap produk rujak kuah pindang dan menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas produk rujak kuah pindang. Metode penelitian yang digunakan yaitu quality function deployment, menggunakan data kualitatif dan kuantitatif melalui metode observasi dan survei. Hasil penelitian didapatkan atribut mutu yang dianggap penting oleh konsumen yaitu kualitas kuah pindang, kualitas buah, rasa rujak, tampilan, harga, porsi, daya tahan, kualitas terasi. Prioritas perbaikan kualitas rujak kuah pindang di warung D’Abian Kelan yaitu pada atribut kualitas terasi dengan rasio perbaikan tertinggi sebesar (1.121), atribut harga (1.119), dan atribut daya tahan (1.116). Strategi untuk meningkatkan kualitas rujak kuah pindang di warung D’Abian Kelan adalah melakukan evaluasi terhadap parameter teknis yang memiliki prioritas perbaikan tertinggi berdasarkan nilai tingkat kepentingan teknis yaitu pada parameter teknis penyiapan bahan baku, pemorsian bahan baku dan pembuatan kuah pindang.


Kata kunci : Rujak kuah pindang, kualitas produk, kepuasan konsumen, quality function


deployment (QFD)

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
GITA KURNIAWATI, Ni Kadek; HARTIATI, Amna; SATRIAWAN, I Ketut. Strategi Peningkatan Kualitas Rujak Kuah Pindang Di Warung D’Abian Kelan. JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 338-348, oct. 2024. ISSN 2503-488X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jtip/article/view/119237>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JRMA.2024.v12.i03.p04.
Section
Articles

References

Agustian, I., Saputra, H. E., and Imanda, A. 2019. Pengaruh sistem informasi manajamen terhadap peningkatan kualitas pelayanan di PT. Jasaraharja Putra cabang Bengkulu. Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 6(1).
Alfiana, F., Hartiati, A., and Yoga, I. W. G. S. 2020. Identifikasi prioritas perbaikan pada kualitas produk es kopi susu di kovfee-Bali dengan metode quality function deployment (QFD). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 8(4), 502–512.
Anista, T., and Widiyastuti, T. 2016. Analisis pengelolaan persediaan bahan baku untuk meningkatkan produksi guna memenuhi permintaan konsumen pada UD nanda putri srengat Blitar. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 92–103.
Ashadi, M. I. 2007. Analisis kepuasan, loyalitas, dan retensi konsumen asinan sedap gedung dalam kota Bogor.
Budiman, M. S. 2004. Teknik pemindangan. Tenologi Pengolahan Hasil Perikanan, 40.
Devani, V., and Rizko, R. A. 2016. Analisis kepuasan pelanggan dengan metode customer satisfaction index (CSI) dan potential gain in customer value (PGCV). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 2(2), 24–29.
Firdaus, M. F., and Nur, M. 2023. Analisa tingkat kepuasan pelanggan menggunakan metode customer satisfaction index (CSI) dan importance performance analysis (IPA). Jurnal Perangkat Lunak, 5(3), 295–301.
Jaya, R. 2020. Study of consumer preferences on kawista fruit salad dressing flavour. Prosiding Seminar Nasional dan Rekernas Perhimpunan Agronomi Indonesia, October, 299–310.
Kurniati, E., Silvia, E., and Efendi, Z. 2016. Analisis kepuasan konsumen terhadap kue baytat Bengkulu. Jurnal Teknologi dan Industri Pertanian Indonesia, 8(2), 67–75.
Louhapensang, C., and Seviset, S. 2014. Instructional design integrated with quality function deployment (QFD) and TRIZ40. Applied Mechanics and Materials, 620, 93–99.
Lukman, M., and Wulandari, W. 2018. Peningkatan kualitas produk cokelat dengan integrasi metode kano dan QFD. Jurnal Teknik Industri, 19(2), 190–204.
Margaretha, E. L., and Sulistyawati, A. 2022. Lawar kuliner bairawa menuju kuliner pariwisata khas Bali. Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 5(1), 51–62.
Martin, S., and Colleran, G. 2005. Sold (Laris Manis). Erlangga.
Permadi, R. 2016. Analisis preferensi konsumen terhadap produk terasi udang. Jurnal Social Economic of Agriculture, 5(1), 49.
Pratama, Y., and Umiyati, M. 2021. The knowledge level of housewives about serving ayam betutu. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 7(1), 58–68.
Rahmawati, A., Laila Machbub, S. S., and Firmannul Hakim, R. 2024. Efektivitas metode quality function deployment (QFD) dalam meningkatkan kualitas produk pada perusahaan makanan: kajian literatur. Jurnal TAGUCHI : Jurnal Ilmiah Keilmuan Teknik dan Manajemen Industri, 4(1), 1–13.
Rochminta, J. D., Darmanto, Y. S., and Romadhon, R. 2021. Pengaruh penambahan limbah pemindangan berbagai jenis ikan terhadap kandungan gizi terasi udang rebon (Acetes sp.). Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan, 3(2), 86–93.
Setiadi. 2019. Perilaku konsumen: perspektif kontemporer pada motif, tujuan, dan keinginan konsumen edisi ketiga. PrenadaMedia Group.
Sugiyono. 2007. Metode penelitian bisnis, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Suryaningrat, I., Ruriani, E., and Indah Kurniawati, D. 2010. Aplikasi metode quality function deployment (QFD) untuk peningkatan kualitas produk mie jagung (application of quality function deployment (QFD) method for quality improvement of corn noodle product). Agrotek, 4(1), 8–17.
West, Wood, and Harger. 2007. Advertising & Promotion: an IMC Perspective (8th ed.).
Yanti, N. M. Y. W., Yuarini, D. A. A., and Wiranatha, A. S. 2023. Strategi peningkatan kualitas produk rumah makan babi guling men janji di Tabanan. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindutri, 11(3), 361.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2