Laporan Kasus dan Kajian Pustaka: Menangani Kejadian Megaesofagus Idiopatik pada Anjing Kacang dengan Bantuan Kursi Bailey

  • I Komang Susila Semadi Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Sri Kayati Widyastuti Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Nyoman Suartha Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ni Made Restiati Bali Veterinary Clinic Pererenan

Abstract

Megaesofagus merupakan kondisi yang ditandai dengan berkurangnya atau tidak adanya motilitas esofagus.  Kejadian tersebut menyebabkan akumulasi ingesta, dilatasi lumen esofagus, regurgitasi pakan (yang sering disalahartikan sebagai muntah oleh pemilik anjing).  Anjing kacang berjenis kelamin betina, berumur 2 tahun 2 bulan, dengan berat 15 kg didiagnosis mengalami megaesofagus idiopatik.  Anjing dibawa oleh pemiliknya ke Bali Veterinary Clinic dengan keluhan tidak nafsu makan, muntah beberapa kali dalam sehari dan kaki belakang terlihat lemas.  Pemeriksaan fisik anjing menunjukkan tanda klinis regurgitasi, batuk, disfagia, terengah-engah dan peningkatan frekuensi napas.  Pada pemeriksaan darah lengkap diperoleh hasil semua parameter dalam rentang normal.  Pemeriksaan biokimia darah menunjukkan peningkatan pada beberapa parameter yaitu pada alanin aminotransferase (ALT), kreatinin, dan aspartat amino transferase (AST).  Pemeriksaan radiografi dengan bahan kontras barium sulfat menunjukkan adanya pelebaran pada esofagus.  Anjing ditangani dengan cara ditopang dengan tangan agar tetap berdiri tegak saat makan dan minum.  Pengobatan dilakukan dengan pemberian cairan infus ringer laktat 30 mL/kg BB/jam, hematodin 0,1 mL/kg BB IM SID, biodin 0,1 mL/kg BB IM SID, ranitidin hidroklorida 2 mg/kg BB IV TID, dan sildenafil sitrat 2 mg/kg BB PO BID, cefotaxime sodium 50 mg/kg BB IV BID, dan furosemid 2 mg/kg BB IV BID.  Setelah tiga minggu perawatan, pasien tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang berarti.  Pasien dipulangkan dengan saran dibuatkan kursi khusus Bailey Chair.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Kayati Widyastuti, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Ilmu Penyakit Dalam

I Nyoman Suartha, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Ilmu Penyakit Dalam

Published
2022-09-30
How to Cite
SEMADI, I Komang Susila et al. Laporan Kasus dan Kajian Pustaka: Menangani Kejadian Megaesofagus Idiopatik pada Anjing Kacang dengan Bantuan Kursi Bailey. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 781-794, sep. 2022. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/80164>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2022.11.5.781.
Section
Case Report

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>