ORIENTASI PASAR, STRATEGI DIFERENSIASI, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERPENGARUH PADA INDUSTRI ENDEK

  • Nyoman Agus Surya Nugraha Universitas Udayana
  • I Putu Gde Sukaatmadja Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Klungkung dengan 96 orang pemilik atau pengelola usaha kain endek sebagai sampel. Penentuan sampel dengan Sampling Jenuh. Pengumpulan data melalui kuesioner dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa Orientasi Pasar, Strategi Diferensiasi, dan Inovasi Produk secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keunggulan Bersaing. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Orientasi Pasar terhadap Keunggulan Bersaing Pada Industri Endek. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Strategi Diferensiasi terhadap Keunggulan Bersaing Pada Industri Endek. Terdapat pengaruh positif dan signifikan secara parsial antara Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing Pada Industri Endek. Upaya untuk meningkatkan keunggulan bersaing industri endek dapat dilakukan oleh pengusaha endek dengan cara mengumpulkan informasi tentang kebutuhan pelanggan, membuat desain kain endek yang memiliki perbedaan dan mudah dikenali dibandingkan dengan produk pesaing serta mencoba menjual produk di luar negeri.


Kata kunci: orientasi pasar, strategi diferensiasi, inovasi produk, keunggulan bersaing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-10
How to Cite
NUGRAHA, Nyoman Agus Surya; SUKAATMADJA, I Putu Gde. ORIENTASI PASAR, STRATEGI DIFERENSIASI, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING BERPENGARUH PADA INDUSTRI ENDEK. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 8, p. 3237 - 3258, sep. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/63926>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i08.p17.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)