PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat se-Provinsi Bali)

  • Albertino Persadanta Ginting Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Ketut Giantari Universitas Udayana
  • Ida Bagus Sudiksa Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh customer relationship management  terhadap kinerja pemasaran Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali dengan variabel keunggulan bersaing sebagai variabel pemediasinya. Variabel yang diteliti pada penelitian ini adalah customer relationship management, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 120 staff marketing, manajer pemasaran atau pemilik di setiap BankPerkreditan  Rakyat Se-Provinsi Bali. Data didapatkan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dengan menggunakan path analysis. Berdasarkan analisis ditemukannya hasil yakni customer relationship management berpengaruh secara positif dan signifikan pada kinerja pemasaran Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali, variabel customer relationship management berpengaruh secara positif dan signifikan pada keunggulan bersaing Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali, variabel keunggulan bersaing berpengaruh secara positif dan signifikan pada kinerja pemasaran Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali, variabel Keunggulan Bersaing memediasi customer relationship management terhadap kinerja pemasaran Bank Perkreditan Rakyat Se-Provinsi Bali.


Kata Kunci: customer relationship management, kinerja pemasaran, keunggulan bersaing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-02-03
How to Cite
GINTING, Albertino Persadanta; GIANTARI, I Gusti Ayu Ketut; SUDIKSA, Ida Bagus. PERAN KEUNGGULAN BERSAING DALAM MEMEDIASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus Pada Bank Perkreditan Rakyat se-Provinsi Bali). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 508 - 527, feb. 2020. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/52922>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i02.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>