PENGARUH STORE ENVIRONMENT TERHADAP RESPON EMOSI POSITIF DAN IMPULSE BUYING YANG DIMODERASI SITUATIONAL FACTOR

  • I Made Agus Indrawan Universitas Udayana
  • Ida Bagus Sudiksa Universitas Udayana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang secara signifikan mempengaruhi impulse buying atau pembelian tanpa rencana yaitu faktor store environment, respon emosi positif, serta situational faktor. Sampel penelitian sebanyak 90 orang responden (konsumen) Ramayana Mall Denpasar. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa store environment memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap respon emosi positif, respon emosi positif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perilaku impulse buying, dan situational factor memperkuat pengaruh respon emosi positif terhadap perilaku impulse buying.


Kata Kunci: store environment, respon emosi positif, impulse buying, situational factor

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-03
How to Cite
INDRAWAN, I Made Agus; SUDIKSA, Ida Bagus. PENGARUH STORE ENVIRONMENT TERHADAP RESPON EMOSI POSITIF DAN IMPULSE BUYING YANG DIMODERASI SITUATIONAL FACTOR. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 2071 - 2097, apr. 2019. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/43827>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i04.p07.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)