PERAN KEPERCAYAAN DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI RISIKO TERHADAP NIAT BELI ONLINE PADA SITUS LAZADA
Abstract
Transaksi online dianggap menjadi lebih praktis dan dapat mengefisienkan waktu namun, bertransaksi online tidak terlepas dari ketidakpastian yang dirasakan konsumen dan dianggap sebagai persepsi risiko yang akan dapat mempengaruhi kepercayaan serta niat beli konsumen untuk bertransaksi online. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepercayaan dalam memediasi persepsi risiko terhadap niat beli online situs Lazada pada konsumen di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan ukuran sampel sebesar 110 orang dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner dengan menggunakan sebanyak 11 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi risiko berpengaruh negatif signifikan terhadap kepercayaan. Persepsi risiko juga mempunyai pengaruh negatif signifikan terhadap niat beli online pada situs Lazada. Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap niat beli online pada situs Lazada dan kepercayaan secara signifikan mampu memediasi hubungan antara persepsi risiko terhadap niat beli online pada situs Lazada. Saran untuk situs Lazada perlu untuk meminimalisir risiko yang terjadi saat berbelanja online serta situs Lazada harus dapat mempertahankan dan meningkatkan kepercayan konsumen dalam bertransaksi online.