PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Trisdayana Aryadhe Ekonomi dan Bisnis
  • Alit Suryani Universitas Udayana
  • Ida Bagus Sudiksa Universitas Udayana

Abstract

ABSTRAK

Persaingan bisnis yang semakin ketat, menuntut setiap produsen untuk peka terhadap kemajuan zaman, teknologi dan perubahan kebutuhan atau selera konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui kebenaran dari penelitian sebelumnya mengenai pengaruh variabel sikap terhadap niat beli, norma subjektif terhadap niat beli dan niat beli terhadap keputusan pembelian konsumen sepeda motor Honda Scoopy di Kota Denpasar. Metode pengambilan sampel menggunakan non-porbability sampling melalui teknik purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 120 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner secara langsung di Kota Denpasar. Teknik analisis data yang digunakan adalah PLS (Partial least square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli, begitupun hubungan antara niat beli terhadap keputusan pembelian yang menunjukkan hasil yang sama yaitu positif dan signifikan.


Kata kunci: sikap, norma subjektif, niat beli, keputusan pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-03-03
How to Cite
ARYADHE, Trisdayana; SURYANI, Alit; SUDIKSA, Ida Bagus. PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF TERHADAP NIAT BELI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 1452 - 1480, mar. 2018. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/35613>. Date accessed: 09 apr. 2020. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i03.p12.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)