The Use Of Pictures As Stimuli In Children’s English Vocabulary Acquisition
Abstract
Studi ini berjudul “The Use of Pictures as Stimuli in Children’s English Vocabulary Acquisition”. Studi ini dipilih untuk mencari keefektifan dari gambar sebagai metode pembelajaran dalam Bahasa Inggris khususnya dalam memperoleh kosa kata. Studi ini juga menjabarkan masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Data didapat dari siswa kelas dua sekolah dasar yang juga merupakan siswa Kumon. Mereka diberikan gambar dan diminta untuk menebak gambar dalam Bahasa Inggris. Untuk menemukan keefektifan gambar sebagai rangsangan, data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan teori mean score dari Stamboel (1982). Penggunaan gambar sangat efektif dalam proses perolehan kosa kata Bahasa Inggris, bisa dilihat dari prosentase jawaban benar dari siswa yang belajar menggunakan gambar lebih tinggi dari siswa yang belajar tanpa menggunakan gambar. Tidak hanya mencari keefektifan gambar, studi ini juga membahas masalah-masalah yang dihadapi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa seperti; kemampuan menerima materi belajar, konsentrasi, rasa percaya diri, kemampuan mengingat kosa kata, kurangnya pemahaman Bahasa Inggris, dan kebanyakan siswa menganggap Bahasa Inggris adalah bahasa yang susah di pelajari. Sementa afaktor eksternal adalah faktor yang berasal dari lingkungan disekita rmereka seperti; kurangnya motivasi untuk belajar Bahasa Inggris, guru yang kurang berpengalaman dan media pembelajaran yang digunakan