The Analysis of Verbal and Visual Signs in Female Cosmetics Advertisement

  • Rina Ayu Pertiwi Udayana University
  • I Nengah Sudipa Udayana University
  • Luh Putu Laksminy Udayana University

Abstract

Tulisan ini berjudul The Analysis of Verbal and Visual Signs in Female Cosmetics Advertisement yang bertujuan untuk mengidentifikasi unsur–unsur tanda  verbal dan visual yang ditampilkan di dalam iklan pada kosmetik wanita. Sumber data diambil dari majalah Instyle edisi Mei 2007. Ada empat iklan kosmetik yang memiliki standar iklan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan langkah- langkah nya diawali dengan mengumpulkan data pada majalah. Selanjutnya, data yang memiliki komponen standar iklan diklasifikasi untuk menemukan unsur-unsur dari tanda verbal dan visual. Tulisan ini menggunakan dua teori, teori pertama yaitu teori tanda untuk menganalisis makna yang terkandung pada tanda verbal dan visual yang dikemukakan oleh Saussure (Chandler 1997). Teori kedua adalah teori iklan oleh Leech ( 1966) digunakan untuk mengidentifikasi standar iklan pada iklan media cetak. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa unsur-unsur tanda verbal dan visual memiliki kolaborasi dan saling mendukung pada setiap iklan sehingga memiliki pesan untuk menbujuk dan membuat pembaca tertarik. Pada iklan kosmetik untuk wanita tanda visual akan diperjelas dengan adanya model wanita sebagai penunjang maksud iklan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-01
How to Cite
AYU PERTIWI, Rina; SUDIPA, I Nengah; LAKSMINY, Luh Putu. The Analysis of Verbal and Visual Signs in Female Cosmetics Advertisement. Humanis, [S.l.], p. 248-253, nov. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/34495>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>