Semiotic Analysis in Maybelline Lipstick Advertisement

  • Ni Ketut Sri Agustini Udayana University
  • I Made Netra Udayana University
  • I Made Rajeg Udayana University

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Tanda pada Iklan Lipstik Maybelline”. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi tanda dan menjelaskan pesan yang disampaikan oleh tanda verbal dan visual pada iklan lipstik Maybelline. Sumber data pada penelitian ini diambil dari situs perusahaan Maybelline. Iklan cetak Maybelline dipilih sebagai data.


Penelitian perpustakaan dan metode dokumentasi digunakan dalam pengumpulan iklan. Iklan yang terpilih dianalisis menggunakan metode kualitatif menggunakan teori yang dikemukakan oleh Chandler mengenai konsep tanda dan makna, teori yang dikemukakan oleh Leech tentang komponen dan fungsi iklan dan juga teori tentang warna yang dikemukakan oleh Wierzbicka.


 Pada umumnya, tanda verbal dan visual mempunyai konsep tanda dan makna pada setiap iklan dan saling mendukung. Iklan memiliki empat komponen seperti: kepala iklan, isi berita, capdagang dan informasi. Penyajian dari pesan verbal tepat pada pesan visual yang membuat pembaca atau konsumer tertarik membaca atau melihat iklan tersebut. Hubungan antara tanda verbal dan visual akan membantu pembaca untuk mengerti dan memaknai pesan, informasi, dan makna yang disampaikan oleh iklan lipstik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-01
How to Cite
SRI AGUSTINI, Ni Ketut; NETRA, I Made; RAJEG, I Made. Semiotic Analysis in Maybelline Lipstick Advertisement. Humanis, [S.l.], v. 20, n. 1, aug. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/32867>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>