Metaphorical Expressions Related To God Found In Coca : A Semantic Analysis

  • I Kadek Sanjaya Udayana University
  • I Made Rajeg Udayana University
  • Ni Ketut Sri Rahayuni Udayana University

Abstract

Tiga puluh enam tahun terakhir ini dapat dilihat perkembangan pesat dalam bidang metafora. Hal ini dikemukakan pertama kali oleh Lakoff dan Johnson (1980) bahwa metafora adalah kiasan yang tidak hanya ada dalam ranah bahasa, tetapi juga dalam pikiran dan tindakan manusia sehari-hari. Konsep inilah yang memperkaya pemikiran dan ide – ide dalam mempelajari metafora untuk menemukan konsep – konsep yang mendasari ekspresi – ekspresi metaforis di dalam sebuah korpus dengan judul Metaphorical Expressions Related to God Found in COCA : A Semantic Analysis.


            Sumber data diambil dari COCA (Corpus of Contemporary America) yang sampai saat ini memiliki lebih dari 520 juta kata dalam teks. Data diperoleh dengan menggunakan satu kata kunci dalam konteks, yaitu “God” untuk memunculkan konkordansi. Metafora – metafora dalam konkordansi ini diidentifikasi menggunakan “Pragglejaz’s MIP” (Metaphor Identification Procedure/Prosedur Identifikasi Metafora) (2007) dan juga “Steen’s five steeps” untuk mengidentifikasi metafora (1999, 2009). Data tersebut dianalisis dengan dasar teori metafora konseptual oleh Lakoff dan Johnson (1980); Lakoff (1987, 1993).


            Hasil yang diperolah menunjukkan bahwa semua jenis metafora konseptual, yaitu metafora struktural, orientasional, dan ontologis dapat ditemukan di dalam data dengan jumlah yang beragam. Lebih lanjut lagi, metafora konseptual yang mendasari ekspresi linguistik yang berhubungan dengan Tuhan (God), dan paling banyak muncul adalah konsep Tuhan sebagai manusia, yaitu konsep TUHAN ADALAH MANUSIA (GOD IS HUMAN).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-11-01
How to Cite
SANJAYA, I Kadek; RAJEG, I Made; SRI RAHAYUNI, Ni Ketut. Metaphorical Expressions Related To God Found In Coca : A Semantic Analysis. Humanis, [S.l.], p. 65-72, nov. 2016. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/32693>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>