Derivational Suffix In English With Special Reference To Academic Discourse On Corpus Of Contemporary American English (Coca)

  • I Kadek Nurcahyadi Indrapranata
  • I Made Winaya
  • Putu Ayu Asty Senja Pratiwi

Abstract

Imbuhan merupakan salah satu komponen yang dapat digunakan untuk membentuk kata baru dalam Bahasa inggris. Imbuhan yang digunakan dalam hal ini adalah imbuhan derivatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk, fungsi dan makna dari imbuhan derivatif yang ditemukan di “Corpus of Contemporary American English (COCA)” khususnya dalam kategori wacana akademis. Bentuk, fungsi dan makna dari imbuhan derivatif yang ditemukan diklasifikasin berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Plag (2002) dalam bukunya yang berjudul “Word-Formation in English.” Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa ada empat bentuk imbuhan derivatif, yaitu “nominal suffix,” “verbal suffix,” “adjectival suffix” dan “adverbial suffix.” Fungsi dari imbuhan tersebut adalah “class-changing” atau “class-maintaining.” “Connected with,” “area,” “status” dan “quality” adalah beberapa makna dari imbuhan derivatif tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
INDRAPRANATA, I Kadek Nurcahyadi; WINAYA, I Made; ASTY SENJA PRATIWI, Putu Ayu. Derivational Suffix In English With Special Reference To Academic Discourse On Corpus Of Contemporary American English (Coca). Humanis, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29516>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles