Visual And Verbal Communication In Michael Jackson’s Video Clip Entitled “Black Or White”

  • Dewa Ayu Dian Astawa Putri
  • I G.A. Gede Sosiowati
  • I Made Winaya

Abstract

Skripsi dengan judul Visual and Verbal Communication in Michael Jackson’s Video Clip Entitled “Black or White”. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kegunaan dari komunikasi visual dan verbal dan juga untuk mecari hubungan antara elemen visual dan verbal dengan arti dari lagu di video clip Michael Jackson.

Dalam mengumpulkan data, skripsi ini menggunakan metode kualitatif. Dalam mengumpulkan data ada tiga langkah yang digunakan, yaitu pertama, memilih data dengan baik, kedua menemukan sign dan mengklasifikasikan data berdasarkan tipenya and terakhir pesan yang disampaikan di dalam data ditemukan. Dalam menganalisis data digunakan teori visual communication oleh Dyer (1993), teori verbal representation oleh Dyer dalam bukunya yang berjudul Advertising as Communication dan teori meaning oleh Leech (1974).

Hasil dari analisis menunjukan kegunaan dari verbal and visual communication elements di musik video clip tergantung pada konten dari musik video clip itu sendiri. video clip yang mempunyari cerita atau pesan tersembunyi lebih banyak menggunakan visual and verbal communication daripada video clip yang tidak mempunyai pesan moral. Dengan mematuhi peran dari peran dari visual communication elements di dalam video clip, ditemukan hubungan antara visual sign dan verbal representation di dalam video clip. Arti dari lirik lagu juga berperan penting untuk mendukung dalam menemukan pesan yang tersimpan di dalam lagu.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ASTAWA PUTRI, Dewa Ayu Dian; SOSIOWATI, I G.A. Gede; WINAYA, I Made. Visual And Verbal Communication In Michael Jackson’s Video Clip Entitled “Black Or White”. Humanis, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/28979>. Date accessed: 23 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

visual, verbal, komunikasi, elemen, video clip.