Analysis of Verbal and Visual Aspects in Taylor Swift’s Music Video Out of the Woods

  • Putu Ayu P. S Yuli Mega Pertiwi
  • Putu Ayu Asty Senja Pratiwi

Abstract

Studi ini terfokus pada aspek verbal dan visual dalam video musik Taylor Swift berjudul Out of the Woods. Tujuan dari studi ini dibagi dua. Tujuan umum yaitu untuk menerapkan dan mengembangkan teori linguistik dan teori lainnya yang berkaitan dengan studi ini. Tujuan khusus lebih terfokus pada hubungan antara video musik dan pengalaman pribadi Taylor Swift. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi dan tekniknya dengan mencari, mengamati, dan mengambil screenshot video.


Metode analisis data yang digunakan yaitu metode deskriptif. Teknik analisis data yaitu dengan menerapkan teori Semantik dari Geoffrey Leech (1974) untuk menganalisis aspek verbal dalam bentuk lirik lagu dan tulisan dalam video. Teori Semiotik dari Ferdinand de Saussure (1916) dan teori makna warna dari Herman Cerrato (2012) digunakan untuk menganalisis aspek visual dalam bentuk screenshot.


Hasil dari studi ini menunjukan bahwa aspek verbal dalam video musik tersebut mencakup enam jenis makna (konseptual, afektif, refleksi, kolokatif, konotatif, dan tematik). Aspek visual meliputi signifier dan signified serta didominasi oleh enam warna: putih, hitam, biru, hijau, kuning, dan jingga. Dari hasil korelasi antara video musik dan kehidupan pribadi Taylor Swift, ditemukan bahwa video tersebut berkaitan dengan mantan kekasihnya bernama Harry Style. Lirik lagu video ini sebagian besar merujuk pada Harry Style dan kenangan mereka berdua. Video tersebut memvisualisasikan lirik lagu dengan baik, dimana Taylor Swift merasa kehidupan cintanya dulu penuh dengan kegelisahan dan hubungannya dengan Harry Style dikatakan sebagai hubungan yang rapuh. Taylor Swift menemukan jati dirinya setelah kehilangan mantan kekasihnya tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
P. S YULI MEGA PERTIWI, Putu Ayu; ASTY SENJA PRATIWI, Putu Ayu. Analysis of Verbal and Visual Aspects in Taylor Swift’s Music Video Out of the Woods. Humanis, [S.l.], v. 19, n. 1, mar. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/29508>. Date accessed: 20 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

verbal, visual, komunikasi, video musik, makna, biografi

Most read articles by the same author(s)