Verbal And Visual Signs On Airlines Advertisements: A Semiotic Study

  • Ayu Sastya Kartika
  • I Nengah Sudipa
  • I Wayan Resen

Abstract

Tulisan  ini berjudul " Verbal and Visual Sign on Airlines Advertisements: A Semiotic Study”. Data diambil dari satu sumber yaitu www.youtube.com, dengan teknik observasi dan pencatatan. Skripsi ini menganalisis dan membicarakan  bentuk-bentuk aspek visual dalam Garuda Indonesia dan Singapore Airlines iklan yang berbentuk video dan pengertian dari narasi berdasarkan aspek-aspek verbal didalam kedua iklan. Alasan dari memilih iklan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines adalah karena kedua iklan memiliki visualisasi yang baik yang juga merupakan perwakilan Asia Tenggara untuk menjadi maskapai penerbangan terbaik didunia.

Terdapat dua teori yang digunakan untuk menganalisis kedua data ini. Teori elemen-elemen komunikasi visual dan teori penggambaran verbal dalam buku yang berjudul “Advertising as Communication” dengan pengarang Dyer (1993) dan juga teori makna dengan pengarang Geoffrey leech (1974) yang berjudul Semantic.

Dari analisis tersebut, ditemukan bahwa macam-macam aspek visual dan verbal dengan menganalisis kedua video memiliki makna untuk menarik pemirsa dan membantu mereka mengungkapkan makna yang lebih dalam dari video iklan Garuda Indonesia dan Singapore Airlines.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
KARTIKA, Ayu Sastya; SUDIPA, I Nengah; RESEN, I Wayan. Verbal And Visual Signs On Airlines Advertisements: A Semiotic Study. Humanis, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/28978>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

visual, verbal, video, communication, advertisement, airlines

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>