Politeness Strategies Found in the Movie Mr. Popper’s Penguins

  • Ni Kadek Dwik Yuvita Sari
  • I Wayan Resen

Abstract

Penelitian ini berjudul “Politeness Strategies Found in the Movie Mr. Popper’s Penguins”. Adapun tujuan dari penelitian ini yakni, untuk mengidentifikasi jenis dari Strategi Kesopanan yang ditemukan di dalam film Mr.Popper’s Penguins, dan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi oleh pembicara di dalam film Mr.Popper’s Penguins.


Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari percakapan antara karakter yang terdapat di dalam film Mr.Popper’s Penguins, yang mana dalam hal ini menggunakan metode dokumentasi, serta mencatat data yang telah didapat sebelumnya. Dalam penelitian ini, untuk menganalisa jenis strategi kesopanan yang ditemukan didalam film, serta untuk  mengidentifikasi faktor yang dapat mempengaruhi pemilihan strategi diterapkan teori yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson (1987).


Berdasarkan teori yang telah disebutkan diatas, terdapat empat jenis strategi kesopanan yang ditemukan didalam film Mr.Popper’s Penguins, diantaranya strategi bald on record, kesopanan positif, kesopanan negatif, dan strategi off record. Terdapat dua jenis strategi bald on record yang ditemukan didalam film, sembilan strategi pada kesopanan positif, dan hanya lima strategi kesopanan negatif yang dapat ditemukan. Sementara terdapat tiga jenis strategi off record yang ditemukan pada film ini. Selain jenis strategi kesopanan, adapun beberapa faktor yang muncul didalam film, yakni faktor payoffs, dan faktor keadaan.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
YUVITA SARI, Ni Kadek Dwik; RESEN, I Wayan. Politeness Strategies Found in the Movie Mr. Popper’s Penguins. Humanis, [S.l.], v. 18, n. 1, feb. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/27352>. Date accessed: 19 june 2021.
Section
Articles

Keywords

Strategi Kesopanan, Film, Pembicara