Methods And Techniques In Teaching English At Sman 1 Tabanan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis pendekatan, metode, dan teknik yang digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMAN 1 Tabanan dan menyelidiki kesulitan yang dihadapi dalam mengajar keterampilan bahasa Inggris. Teori yang digunakan dalam pendekatan dan metode pengajaran bahasa Inggris bersumber dari Jack F. Richards & Theodore S. Rodgers (1986), teori mengenai teknik pengajaran bahasa Inggris bersumber dari Diane Larsen (2000); sementara kesulitan yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris diambil dari teori yang berasal dari Douglas Brown H (1994) dan Nelson Brooks (1964). Metode kualitatif digunakan untuk menganalisa data. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dari SMAN 1 Tabanan menggunakan pendekatan komunikatif dan pendekatan ilmiah. Metode yang digunakan adalah diskusi dan metode pengajaran bahasa yang komunikatif. Role play, kelompok kecil / pasangan kerja, dan permainan digunakan dalam teknik Pengajaran Bahasa Inggris di kelas. Sedangkan kesulitan yang dihadapi oleh guru dibagi menjadi 2, yaitu: kesulitan internal dan kesulitan eksternal.