Conflict Analysis Of Main Character In The Novel “The Fault In Our Stars” By John Green

  • Angelika Arif M
  • I Gusti Ngurah Parthama
  • Sang Ayu Isnu Maharani

Abstract

Judul makalah ini adalah Conflict Analysis of Main Character in The Novel “The Fault in Our Stars” by John Green. Penelitian ini berfokus pada konflik yang dijelaskan dalam karakter utama (konflik eksternal dan internal), dan presentasi dari karakter utama dari novel melalui aspek psikologis. Konflik dianalisis berdasarkan teori sastra yang diusulkan oleh Kenney (1966) yang membagi konflik menjadi dua jenis, konflik eksternal dan internal. Deskripsi presentasi dari karakter utama dianalisis berdasarkan teori yang diusulkan oleh Bernhardt (1953).

Data penelitian ini diambil dari sebuah novel berjudul “The Fault in Our Stars”. Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumenter. Hal ini dilakukan dengan membaca novel dan biografi penulis, dan kemudian dilanjutkan dengan menandai dan mencatat bagian dari novel yang berkaitan dengan penelitian.

Analisis ini menghasilkan beberapa kesimpulan. Hazel sebagai karakter utama digambarkan sebagai karakter yang sangat bijaksana. Itu sebabnya dia mendapat banyak perdebatan diantara pemikirannya, dan mendapat banyak konflik engan orang-orang di sekelilingnya. Setelah semua konflik dilalui dia akhirnya menyadari bahwa hidupnya sebenarnya baik-baik saja. Manusia kadang-kadang terjebak dalam beberapa konflik sehari-hari dan manajemen konflik dibutuhkan untuk menyelesaikan konflik apakah itu benar atau salah.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ARIF M, Angelika; PARTHAMA, I Gusti Ngurah; ISNU MAHARANI, Sang Ayu. Conflict Analysis Of Main Character In The Novel “The Fault In Our Stars” By John Green. Humanis, [S.l.], jan. 2017. ISSN 2302-920X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/sastra/article/view/28952>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Konflik, Karakter Utama, Konflik internal, Konflik Eksternal, The Fault in Our Stars Novel.