Peran konformitas teman sebaya dan dukungan sosial orangtua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

  • Made Ardhy Dharma Krisnadhi Universitas Udayana
  • Luh Kadek Pande Ary Susilawati Universitas Udayana

Abstract

                                                                                        


Mahasiswa sebagai subjek yang menuntut ilmu di perguruan tinggi tentu berharap dapat lulus tepat waktu dan dengan indeks prestasi yang membanggakan. Pada saat dan selama masa perkuliahan, mahasiswa memiliki kewajiban menyelesaikan tugas-tugas akademik. Mahasiswa yang  memiliki kecenderungan  menunda penyelesaian tugas-tugas akademik sesuai batas waktu yang ditentukan, diindikasikan telah melakukan prokrastinasi akademik. Konformitas teman sebaya dan dukungan sosial orangtua dinyatakan dapat berperan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Prokrastinasi dapat berdampak negatif terhadap prestasi belajar maupun terhadap rentang waktu penyelesaian studi. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui peran konformitas teman sebaya dan dukungan sosial orangtua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Subjek dalam penelitian kuantitatif ini ditentukan berdasarkan stratified random sampling dengan jumlah responden 80 mahasiswa aktif dalam tahun akademik 2018/2019. Instrumen sebagai alat ukur  berupa skala prokrastinasi akademik, skala konformitas teman sebaya dan skala dukungan sosial orangtua. Hipotesis penelitian yang diuji dengan teknik analisis regresi berganda, menghasilkan nilai koefisien regresi sebesar 0,755, nilai koefisien determinasi sebesar 0,570 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) dengan koefisien beta terstandarisasi pada variabel konformitas teman sebaya -0,014 dan dukungan sosial orangtua sebesar -0,745,- menunjukkan bahwa konformitas teman sebaya dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama berperan terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.        


Kata Kunci: Dukungan sosial orangtua, konformitas teman sebaya, prokrastinasi akademik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputri, D. L. (2014). Hubungan antara dukungan sosial orangtua dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi universitas kristen satya wacana salatiga [Skripsi]. Salatiga. Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Diunduh dari https://docplayer.info/54224754-Hubungan-antara-dukungan-sosial-orangtua-dengan-prokrastinasi-akademik-pada-mahasiswa-fakultas- psikologi-universitas-kristen-satya-wacana-salatiga.html diakses tanggal 14 Mei 2019.
Ahyani, N. L. & Asmarani, M. S. (2012). Kecemasan akan kegagalan, dukungan orangtua, dan motivasi belajar pada siswa di pesantren. Proyeksi, Vol.7, No.1, 87-98. Diunduh darihttp://fpsi.uniissula.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=184&Itemid=139 diakses tanggal 14 Mei 2019.
Anam, K. (2016). Hubungan antara konformitas dan dukungan orangtua terhadap prokrastinasi akademik siswa smpn 2 samarinda. Ejournal Psikologi, Vol.1, No.5, 1-11. Diunduh dari https://docplayer.info/59752746-Hubungan-antara-konformitas-dan-dukungan-orang-tua-terhadap-prokrastinasi-akademik-siswa-smp-negeri-2-samarinda.html diakses tanggal 14 Mei 2019.
Arif, H., Noor, S.S. & Muneer, S. (2014). Academic procrastination among male and female university and college students. FWU Journal of Social Sciences, Vol.8, No. 2, 65-70. Diunduh dari http://sbbwu.edu.pk/journal/FWUJournal,Winter%202014%20Vol.8,No.2/9.%20Academic%20Procrastination%20among%20.pdf diakses tanggal 14 Mei 2019.
Avico, R. S. Mujidin. (2014). Hubungan antara konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa bengkulu yang bersekolah di yogyakarta. Jurnal Fakultas Psikologi Vol. 2, No.2, 62-65. Diunduh dari http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3030 diakses tanggal 14 Mei 2019.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2016). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Burka, J.B. & Yuen, L.M. (2008). Procrastination: why you do it, what to do about it. Camridge: Da Capo Press.
Cinthia, R.R, Kustanti, E.R. (2017). Hubungan antara konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Empati, Vol.6, No.2, 31-35. Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/178226-ID-hubungan-antara-konformitas-dengan-prokr.pdf diakses tanggal 14 Mei 2019.
Field, A. (2009). Discovering statistic using SPSS (3rd ed.). London : SAGE Publications.
Ghufron, N. M. & Risnawita, R. (2010) . Teori-teori psikologi. Jakarta: Ar-Ruzmedia.
Ghufron. M.N. (2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap penerapan disiplin orangtua terhadap prokrastinasi akademik [Tesis]. Jogjakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Diunduh dari https://repository.ugm.ac.id/61388/ diakses tanggal 14 Mei 2019
Ghozali, I.(2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawinata,V.A.R. (2008). Perfeksionisme, prokrastinasi akademik, dan penyelesaian skripsi mahasiswa. Anima Indonesian Psychological Journal, Vol.23, No.3, 256-276. Diunduh dari http://www.anima.ubaya.ac.id/class/openpdf.php?file=1371793910.pdf diakses tanggal 14 Mei 2019.
Haber, D. (2010). Health promotion and aging: practical applications for health professionals (5th ed.). New York : Springer Publishing Company, Inc.
Hurlock, E. B. 2002. Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (terjemahan: Istiwidaryanti & Soedarjo). Jakarta: Erlangga.
Iksan, M. (2013). Dukungan sosial pada prestasi dan faktor penyebab kegagalan siswa smp dan sma.. Jurnal Psikoislamika, Vol.10, No.1, 53-71. Diunduh dari http://psikologi.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2014/03/5-DUKUNGAN-SOSIAL-PADA-PRESTASI-DAN-FAKTOR-PENYEBAB-KEGAGALAN-SISWA-SMP-DAN-SMA-Mohamad-Iksan.pdf diakses tanggal 14 Mei 2019.
Krisnadhi, D. A. (2018). Studi Pendahuluan: Hubungan konformitas teman sebaya dan prokrastinasi akademik mahasiswa program studi sarjana psikologi fakultas kedokteran universitas udayana. Denpasar. Tidak dipublikasikan
Mujidin (2014). Hubungan antara konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa bengkulu yang bersekolah di yogyakarta. Empathy, Vol.2, No.2, 62-65. Diunduh dari http://journal.uad.ac.id/index.php/EMPATHY/article/view/3030 diakses tanggal 14 Mei 2019.

Nguyen, T.D., & Wilson, B.A. (2012). Belonging to tomorrow: an overview of procrastination. International Journal of Psychological Studies Vol.4, No.1, 211-217. Diunduh dari http://www.ccsenet.org/journal/index.php/ijps/article/view/15463 diakses tanggal 14 Mei 2019.
Papalia, D. E.; Olds, S. W.; & Feldman, R. O. 2008. Human development. (penerjemah : Anwar, A. K). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Purnama,S.S.(2014). Prokrastinasi akademik mahasiswa fakultas ilmu keolahragaan universitas negeri surabaya. Jurnal BK Unesa, Vol.4, No.3, 682-692. Diunduh dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/8805 diakses tanggal 14 Mei 2019.
Qomariyah, Nunung. (2016). Efikasi diri, ketidaknyamanan terhadap tugas, dan konformitas teman sebaya sebagai prediktor prokrastinasi akademik. [Tesis]. Surakarta. Program Magister Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diunduh dari http://eprints.ums.ac.id/43930/22/02.%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf diakses tanggal 14 Mei 2019.
Rahmayanthi, R. (2017). Konformitas teman sebaya dalam perspektif multikultural. Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, Vol.1, No.1, 71-82. Diunduh dari http://ejournal.upi.edu/index.php/JOMSIGN/article/view/6052 diakses tanggal 14 Mei 2019.
Ramadhani.(2016). Hubungan konformitas dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir yang tidak bekerja di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas mulawarman samarinda. Psikoborneo, Vol. 4, No.3, 507 -517. Diunduh dari http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/10/Jurnal%20APRLINA%20RAMADHANI%20-%20ONLINE%20(10-25-16-09-57-08).pdf%20(port%2080) diakses tanggal 14 Mei 2019.
Rice, F.P. (1993). The Adolescent: development, relationship, and culture seventh edition. Boston: Allyn & Bacon.
Rosmayati, Sunawan & Saraswati, S. (2017). Self-efficacy dan konformitas dengan prokrastinasi akademik mahasiswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory And Application, Vol.6, No.4, 50-56. Diunduh dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/18105diakses tanggal 14 Mei 2019.
Safa’ati, E., Halim, & Iliyati, Z. (2017). Peran regulasi diri dan konformitas teman sebaya dengan prokrastinasi akademik mahasiswa universitas muria kudus. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia 2017, Vol. 2, No.1, 75-84. Diunduh dari http://eprints.umk.ac.id/8216/1/Hal._Judul.pdf diakses tanggal 14 Mei 2019.
Safitri, A. (2018). Hubungan dukungan sosial orangtua terhadap prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, Vol.14, No.2, 165-184. Diunduh dari http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=821458&val=13167&title=Hubungan%20Dukungan%20Sosial%20Orang%20Tua%20Terhadap%20Prokrastinasi%20Akademik%20Dalam%20Menyelesaikan%20Skripsi diakses tanggal 14 Mei 2019.
Sanderson, C. A. 2004. Health psychology. New Jersey: John Wiley-Sons, Inc.
Siregar, P. S. (2017). Pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama terhadap perilaku konformitas pada siswa kelas viii smp muhammadiyah 48 medan tahun ajaran 2016/2017 [Skripsi]. Medan. Universitas NegeriI Medan. Diunduh dari http://digilib.unimed.ac.id/27679/ diakses tanggal 14 Mei 2019.
Smith, T & Renk, K. (2007). Predictors of academic related stress in collage students: an examination of coping, social support, parenting, and anxiety. Nasa Journal, Vol.44, No.3, 405-431. Diunduh dari https://eric.ed.gov/?id=EJ777033 diakses tanggal 14 Mei 2019.
Sudijono, A. (2012). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.
Surijah, E. A., & Tjundjing, S. (2017). Mahasiswa versus tugas: prokrastinasi akademik dan conscientiousness. Anima Indonesian Psychological Journal, Vol. 22, No. 4, 352-374. Diunduh dari https://www.researchgate.net/profile/Ide_Bagus_Siaputra/publication/275715751_Mahasiswa_Versus_Tugas_Prokrastinasi_Akademik_dan_Conscientiousness/links/55451c8b0cf23ff71686997a/Mahasiswa-Versus-Tugas-Prokrastinasi-Akademik-dan-Conscientiousness.pdf diakses tanggal 14 Mei 2019.
Susanti, E. & Nurwidawati, D. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi unesa. Character, Vol. 2, No. 3, 1-7. Diunduh dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/10995 diakses tanggal 14 Mei 2019.
Tarmidi., & Rambe, A. R. R. (2010). Korelasi antara dukungan sosial orangtua dan self-directed learning pada siswa sma. Jurnal Psikologi. Vol.37, No.2, 216-223. Diunduh dari https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/viewFile/7733/5983 diakses tanggal 14 Mei 2019.
Taylor, S. E., Sears, D. O., & Peplau, L.A. (2009). Psikologi sosial (edisi ke-12). Jakarta: Kencana.
Taylor, S.E. (2012). Health psychology. (8thed.). New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Tondok, M.S., Ristyadi, H. & Kartika, A. (2008). Prokrastinasi akademik dan niat membeli skripsi. Anima. Vol.24, No.1, 76-87. Diunduh dari http://repository.ubaya.ac.id/5886/7/ANIMA%202008_content.pdf diakses tanggal 14 Mei 2019.
Utari, A. J. (2019), Hubungan dukungan sosial orangtua dengan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi di universitas negeri makassar [Skripsi]. Makassar. Universitas Negeri Makassar . Diunduh dari http://eprints.unm.ac.id/11945/ diakses tanggal 14 Mei 2019
Wahyuni. (2015). Hubungan dukungan sosial orangtua dengan prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa/i stie pelita bangsa binjai [Skirpsi]. Universitas Medan Area. Diunduh dari https://docplayer.info/43277652-Hubungan-dukungan-sosial-orangtua-dengan-prokrastinasi-akademik-dalam-menyelesaikan-skripsi-pada-mahasiswa-i-stie-pelita-bangsa-binjai.html diakses tanggal 14 Mei 2019.
Widayanto, M. G. (2018). Peran dukungan sosial orangtua dan jenis kelamin pada prokrastinasi akademik mahasiswa [Skripsi]. Yogyakarta. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Diunduh dari https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1366&bih=608&ei=QfvbXNHWDcrLvgTXgqOIBA&q=widayanto+Peran+dukungan+sosial+orangtua+dan+jenis+kelamin+pada+prokrastinasi+akademik+mahasiswa&oq=widayanto+Peran+dukungan+sosial+orangtua+dan+jenis+kelamin+pada+prokrastinasi+akademik+mahasiswa&gs_l=psy-ab.3...15840.17727..17991...0.0..0.321.2384.0j4j4j2......0....1..gws-wiz.......0i71.8EBh5Dk88I4 diakses tanggal 14 Mei 2019.
You, J.W. (2015). Examining the effect of academic procrastination on achievement using lms data in e-learning. Journal of Educational Technology & Society, Vol.18, No.3, 64–74. Diunduh dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1070043 diakses tanggal 14 Mei 2019.
Published
2019-08-29
How to Cite
KRISNADHI, Made Ardhy Dharma; SUSILAWATI, Luh Kadek Pande Ary. Peran konformitas teman sebaya dan dukungan sosial orangtua terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 183-194, aug. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52520>. Date accessed: 16 nov. 2024.
Section
Articles