Peran komunikasi interpersonal dan problem focused coping terhadap stres mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi

  • Made Pramesti Mayasari Universitas Udayana
  • Luh Kadek Pande Ary Susilawati Universitas Udayana

Abstract

Proses penyusunan skripsi dapat menyebabkan stres bagi mahasiswa. Stres merupakan suatu situasi yang mengancam dan menuntut individu untuk melakukan penyesuaian dan adaptasi terhadap kondisi tersebut. Komunikasi interpersonal yang terjalin antara mahasiswa dan dosen pembimbing dapat memengaruhi stres mahasiswa. Stres dapat dikelola dengan penggunaan strategi koping yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi interpersonal dan problem focused coping terhadap stres Mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi. Subjek dalam penelitian ini adalah 83 orang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres, skala komunikasi interpersonal dan skala problem focused coping. Penggunaan teknik analisis data dalam penelitian ini ialah regresi berganda. Hasil uji regresi berganda menunjukkan nilai koefisien regresi sebesar 0,754, nilai koefisien determinasi sebesar 0,568 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) dengan koefisien beta terstandarisasi pada variabel komunikasi interpersonal -0,747 dan problem focused coping sebesar -0,010. Hasil tersebut menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal dan problem focused coping secara bersama-sama berperan menurunkan taraf stres Mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi.


 


Kata Kunci: Komunikasi interpersonal, mahasiswa, problem focused coping, skripsi, stres

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achroza, F.H. (2013). Hubungan antara komunikasi interpersonal dosen pembimbing mahasiswa dan problem focused coping degan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa fkip bimbingan dan konseling universitas muria kudus. Naskah Tidak Dipublikasikan, Fakultas Psikologi Universitas Muria Kudus, Kudus. Diunduh dari http://eprints.umk.ac.id/2692/1/SKRIPSI_P NUH.pdf diakses tanggal 24 Februari 2018.
Amartiwi, A. (2008). Problem focused coping pada perawat ditinjau dari self efficacy dam dukungan sosial. Naskah Tidak Dipublikasikan, Unika Soegijpranata, Semarang. Diunduh dari http://repository.unika.ac.id/5569/ diakses tanggal 27 Februari 2018.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmono & Ani, M.H. (2004). Menyelesaikan skripsi dalam satu semester. Malang:Grasindo.
Devito, J.A. (2007). The interpersonal communication, 6th ed. Boston: Pearson Education, Inc.
Devito, J.A. (2011). Komunikasi antarmanusia. Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group.
Fitriana, Q. A. (2013). Peran kecenderungan kepribadian neuroticism dan problemfocused coping dalam menjelaskan stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas brawijaya. Naskah Tidak Dipublikasikan, Universitas Brawijaya, Malang. Diunduh dari https://www.academia.edu/ diakses tanggal 27 Februasri 2018
Folkman, S., Lazarus, R. S., Dunkel-Schetter, C., DeLongis, A., & Gruen R. J. (1986). Dynamics of a stressful encounter: Cognitive appraisal, coping, and encounter outcomes. Journal of personality and social psychology, 50(5), 992- 1003. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/232485259_Dynamics_of_a_Stressful_Encounter_Cognitive_Appraisal_Coping_and_Encounter_Outcomes diakses tanggal 15 September 2018.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartaji, D. A. (2012) Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orang tua. Naskah Tidak Dipublikasikan, Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma, Jawa Barat. Diunduh dari https://library.gunadarma.ac.id/ diakses tanggal 27 Februari 2018.
Hurlock, E. B. (1990). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Alih Bahasa: Soedjarwo dan Iswidayanti. Jakarta: Erlangga.
Ilustri. (2018). Hubungan antara komunikasi dengan stress dalam menyusun skripsi pada mahasiswa kesehatan masyarakat tahun 2017. URECOL. Diunduh dari http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/55 diakses tanggal 28 Oktober 2018.
Julianti, R. (2015). Hubungan komunikasi antara mahasiswa dan dosen pembimbing skripsi dengan stres dalam menyusun skripsi pada mahasiswa s1 keperawatan stikes ranah minang tahun 2015. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 15(2). Diunduh dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/5830/4559 diakses tanggal 27 Maret 2018.
Kinansih. (2011). Skripsi kelar dalam 30 hari. Klaten: Galmas Publisher
Lazarus, R.S. & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal and coping. New York: Springer Publishing Company, Inc.
Mayasari, P. (2018). Studi pendahuluan pada mahasiswa universitas udayana yang sedang menyusun skripsi. Naskah tidak dipublikasikan. Denpasar: Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
McCrae, R. R. (1984). Situational determinants of coping responsed: Loss, threat, and challenge. Journal of Personalitiy and Social Psychology, 46(4), 919-928. Diunduh dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6737200 diakses tanggal 16 Januari 2019.
Rakhmat, J. (2007). Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rohmah, F.A. (2006). Pengaruh diskusi kelompok untuk menurunkan stres pada mahasiswa yang sedang skripsi. Humanitas: Indonesian Psychological Journal, 3(1). Diunduh dari https://media.neliti.com/media/publications/24494-ID-pengaruh-diskusi-kelompok-untuk-menurunkan-stres-pada-mahasiswa-yang-sedang-skri.pdf diakses tanggal 22 Februari 2018.
Santoso. (2005). Metodologi penelitian kuntitatif dan kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sarafino, E. P., & Timothy, W.S. (2011). Health psychology: Biopsychosocial interactions. 7th ed. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Smett, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Suhapati. (2009). Kajian pelaksanaan penulisan skripsi di fakultas psikologi ugm. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Suryaningsih, F., Suci, M.K., Nugraha, A.K. (2016). Hubungan antara self disclosure dengan stres pada remaja siswa smp negeri 8 surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrawijaya, (4). Diunduh dari http://candrajiwa.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/candrajiwa/article/view/123 diakses tanggal 8 Mei 2018.
Wahyuni, L.D & Fakhriani. (2014). Komunikasi interpersonal terhadap dosen pembimbing dan ketakutan akan kegagalan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 3(2). Diunduh dari file:///C:/Users/COMPAQ/Downloads/5532-Article%20Text-9748-1-10-20180113.pdf diakses tanggal 26 Februari 2018.
Wahyuningsih, S. (2016). Hubungan komunikasi interpersonal dan strategi coping dengan stres pada mahasiswa psikologi yang sedang menyusun skripsi. Psikoborneo, 4(3). Diunduh dari http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2016/11/Jurnal%20SRI%20WAHYUNINGSIH%20%20ONLINE%20(11-17-16-05-44-44).pdf diakses tanggal 26 Februari 2018.
Published
2019-08-29
How to Cite
MAYASARI, Made Pramesti; SUSILAWATI, Luh Kadek Pande Ary. Peran komunikasi interpersonal dan problem focused coping terhadap stres mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 88-98, aug. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52507>. Date accessed: 16 nov. 2024.
Section
Articles