Hubungan dukungan sosial dan efikasi diri dengan motivasi berprestasi pada remaja awal dan tengah yang tinggal di panti asuhan di Bali

  • Ida Bagus Purwa Arsha Manuaba Universitas Udayana
  • Luh Kadek Pande Ary Susilawati Universitas Udayana

Abstract

Abstrak


 


Remaja yang ditelantarkan atau berpisah dari orangtua akan mencari alternatif untuk menggantikan fungsi keluarga yang hilang agar hak-haknya tetap terpenuhi, melalui alternatif berbasis panti asuhan. Remaja yang tinggal di lingkungan panti asuhan sebagian besar akan mengalami tekanan dan masalah selama tinggal di panti asuhan, hal ini dikarenakan dukungan berupa bantuan dari pengasuh yang kurang didapatkan oleh remaja, lingkungan panti asuhan yang berbeda dengan lingkungan tempat tinggal, serta adanya perbedaan norma, kebiasaan, dan budaya yang berbeda dengan daerah asalnya. Remaja yang tinggal di panti asuhan perlu mendapatkan dukungan sosial untuk mengurangi tekanan yang dirasakan sehingga remaja dapat meningkatkan motivasi berprestasi selama tinggal di panti asuhan. Efikasi diridinyatakan dapat membantu individu dalam mengatasi tekanan yang dihadapi selama tinggal di panti asuhan, serta dapat mempermudah remaja untuk meningkatkan motivasi berprestasi selama tinggal di panti asuhan di Bali. Subjek dalam penelitian ini adalah 95 orang remaja awal dan tengah yang tinggal di panti asuhan. Hasil uji regresi berganda menunjukkan koefisien regrresi sebesar 0,574 dan koefisien determinasi sebesar 0,329, dengan signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05), dengan demikian terdapat hubungan dukungan sosial dan efikasi diri dengan motivasi berprestasi pada remaja awal dan tengah yang tinggal di panti asuhan di Bali.Koefisien beta terstandarisasi dari dukungan sosial menunjukkan nilai sebesar 0,368 dan signifikansi 0,000 (p<0,05), sehingga dukungan sosial berhubungan secara signifikan dengan motivasi berprestasi pada remaja awal dan tengah. Koefisien beta terstandarisasi dari efikasi diri menunjukkan nilai sebesar 0,303 dan signifikansi 0,002 (p<0,05), sehingga efikasi diri berhubungan secara signifikan dengan motivasi berprestasi pada remaja awal dan tengah.


Kata kunci: motivasi berprestasi, dukungan sosial, efikasi diri, remaja panti asuhan, Bali

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Lely dan Indera Ratna Irawati Pattinasarany.2014. Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Dukungan Sosial Dengan Prestasi Akademik Pada Anak Kelas VIII dan IX SMP di Panti Asuhan.Fisip UI.
Bandura, A. 1997. Self-efficacy: Toward a Unifying of Behavioral Change. Psychological Review. 84 (2): 191-215.
Damyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimatteo, M.R. 2004. Social support and patient adherence to medical treatment: a meta analysis. Health Psychology Journal, 23, 2, 207-218.
Feist, Jess, Gregory JF. 2013. Theories of Personality. Ed. 8.Singapore : McGraw-Hill
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta : PT BPK Gunung Mulia.
Hayes, D.CMarquis. 2012. Parental Involvement and Achievement outcomes in African American Adolscene. Proquest Journal of Comporative Family Studies 43.4. P. 567 XL
Lopez,Eric Joseph. 1997. TheAcculturation,SocialSupport and Motivation Achievment of Ninth Grade Mexican High School Student. ProQuest, UMI, Dissertation and These.(http://search.proquest.com/docview/304343153/fulltextPDF/DE0CD787DD34879PQ/4?accountid=17242)
McClelland, D.C. 1987. Human Motivation. New York: The Press Syndicate of The University of Chambridge.
Nelson, Behrman, Robert M, Kliegman, (1996), Ilmu Kesehatan Anak Nelson Volume 3 Edisi 15. Jakarta: EGC.
Neseth, Hans, Savage, Todd A. Navarro, R 2009. Examining the Impact Acculturation and Perceived Social Support on Mathematics Achievment Among latino/a High School Student The California School Psychologist 14. (http://searchproquest.com/docview/200779137/fulltextPDF/14150AF3478BD2FCB/1?accountid=17242).
Oren, Nihal. 2012. Hopelessness Level of Children Living with Their Parent or in an Orphanage. Journal of Social Behavior and Personality, 40,3,501. Proquest. (http://search.proquest.com/docview/1008565989/94892ADI70F647F6PQ/1?accountid=17242).
Qotrunnada, Silvia. 2016. Hubungan Dukungan Sosial dengan Motivasi Berprestasi pada siswa kelas VII SMP Plus Yayasan Pondok Pesantren Darrussalam Banyuwangi. (Skripsi) Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Malang
Santrock J.W.2003, Adolscence (Perkembangan Remaja ) (6th ed). University of Texas at Dallas. Jakarta: Gelora Aksara Persada Erlangga.
Santrock, J.W. 2007.Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi Kesebelas.Jakarta : PT. Erlangga
Sarafino, E.P. & Smith, T.W. 2011.Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (7thed.). New York: Wiley.
Sarafino. 1994. Health Psychology Biopsychosocial Interaction. USA: John Wiley & Sons.
Stevenson, M. 1952. Some Emotional Problem of Orphanage Children. Carnadian Journal of Psychology/ Revue Canadienne de psychology, 6,4,. 178-182. (search. Proquest.com/ docview/614267209/fulltextPDF/D192441B365B4D9CPQ/2?acco untid=17242).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Teja, M. 2014. Perlindungan terhadap Anak Terlantar di Panti Asuhan.Artikel Kesejahteraan Sosial, VI (5).
Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran.cet. Ke-3. Jakarta:Grasindo
Published
2019-04-27
How to Cite
MANUABA, Ida Bagus Purwa Arsha; SUSILAWATI, Luh Kadek Pande Ary. Hubungan dukungan sosial dan efikasi diri dengan motivasi berprestasi pada remaja awal dan tengah yang tinggal di panti asuhan di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 6, n. 01, p. 161-170, apr. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/48695>. Date accessed: 16 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i01.p16.
Section
Articles