Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018

  • Ni Nyoman Imas Pradnyanita Wistarini Universitas Udayana
  • Adijanti Marheni Universitas Udayana

Abstract

Stres akademik diartikan sebagai respon tubuh terhadap tekanan, tuntutan, persaingan, harapan yang terjadi di lingkungan pendidikan untuk meningkatkan prestasi akademik. Stres akademik dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor eksternal berasal dari dukungan sosial dan faktor internal berasal dari keyakinan individu akan kemampuannya sendiri atau efikasi diri. Keluarga merupakan sumber dan dukungan sosial pertama yang diterima oleh seseorang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif. Karakteristik subjek dalam penelitian ini merupakan mahasiswa baru angkatan 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan jumlah 150 orang. Skala yang digunakan untuk alat ukur penelitian ini adalah skala dukungan sosial keluarga, skala dengan hasil nilai koefisien regresi 0,556, nilai koefisien determinasi 0,310 dan nilai signifikansi 0,000 (p<0.05) serta koefisien beta terstandarisasi pada variabel dukungan sosial keluarga senilai -0,240 dan efikasi diri senilai -0,576 yang berarti dukungan sosial keluarga dan efikasi diri berperan dalam menurunkan stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.


 


Kata Kunci: Dukungan sosial keluarga, efikasi diri, mahasiswa baru, stres akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adicondro, N. & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial deluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VII. Jurnal Humanitas. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. 8 (1). http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448.
Alvin. (2007). Stres akademik. Jakarta: PT Raja.
Alwisol. (2011). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.
Azizah, L. N. (2016). Hubungan dukungan sosial dan efikasi diri terhadap stres akademik pada mahasiswa baru Fakultas Psikologi Uin Malang angkatan 2015. Malang: UIN Malang. Diunduh dari etheses.uin-malang.ac.id/2839/1/12410062.pdf
Bandura, A. (1997). Self-efficacy, the exercise of control. New York: Freeman and Company.
Buku panduan Program Studi Psikologi. (2015). Denpasar: Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Cha, K. (2017). Perbedaan SMA dan kuliah. bemfeuntar.com/index.php/articles/24-article/latest-article/340- perbedaan-sma-dan-kuliah.
Christyanti, C. dkk. (2010). Hubungan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. Jurnal INSAN, 12(03). journal.unair.ac.id/downloadfull/INSAN4286-23899c0c63fullabstract.pdf.
Collins, S. (2007). Staturory social workers : stres, job satisfaction, coping, social support and individual differencees. British Journal of Social Work, 3(8). Diunduh dari citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.500.5056&rep=rep1&type =pdf
Ekawarna. (2018). Manajemen konflik dan stres. Jakarta: Bumi Aksara.
Ernawati, L., & Rusmawati. D. (2015). Dukungan sosial orang tua dan stres akademik pada siswa SMK yang menggunakan kurikulum 2013. Jurnal Empati. 4(4). ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/13547
Fadli. (2010). Masalah kurikulum dalam dunia pendidikan. Diunduh dari https://fadlibae.wordpress.com/2010/03/24/masalah-kurikulum-dalam-pendidikan/
Feist, J. & Feist, G. J. (2010). Teori kepribadian. Terjemahan. Theories of Personality. Seventh editon. Penerjemah: Smita Prathita Sjahputri. Jakarta: Salemba Humanika..
Field, A. (2009). Discovering statistic using SPSS 3rd edition. SAGE Publication.
Gibson. J. L. dkk. (1996). Organisasi: perilaku, struktur, proses. Edisi ke-8. Jakarta: Binarupa Aksara.
Hmku FK Unud (2013) Tembok tinggi, bayar hutang yang terlupakan. sudah siapkah anda?.hmku.fkunud.com/tembok-tinggi-bayar-hutang-yang-terlupakan-sudah-siapkah-anda-2/.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Terjemahan. Developmental Psychology A Life Span Approach. Fift Edition. Penerjemah : Istiwidiyanti. Jakarta: Erlangga.
Kaul & Cavanaug. (2000). Human development: a life span view. USA: Wadswoth.
Khaq, A. A. dkk. (2015). Analisis hubungan antara efikasi diri pada stres melalui dukungan sosial sebagai variabel moderasi (studi pada mahasiswa Unnes Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen. Semarang: Universitas Negeri Semarang
Misra, R., & McKean, M. (2000). College students' academic stres and its relation to their anxiety, time management, and leisure satisfaction. American Journal of Health Studies, 16(1), 41-51. Diunduh dari https://www.scirp.org/(S(351jmbntvnsjt1aadkposzje))/reference/ReferencesPapers.aspx?ReferenceID=1394850
Noviari, V. K. N. (2013). Identifikasi faktor penyebab stres akademik pada siswa Kelas VII di SMPN 8 Yogyakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling.8(2), 1-10. Diunduh dari https://eprints.uny.ac.id/16069/
Permana, C. A. (2013). hubungan dukungan sosial keluarga dengan tingkat stres pada lansia adropause di Gebang Wilayah Kerja Puskesmas Patrang Kabupaten Jember. Jember: Universitas Jember. Diunduh dari repository.unej.ac.id/handle/123456789/3170.
Santoso, S. (2014). Panduan lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Santrock, J. W. (2003): Adolescence perkembangan remaja. Jakarta : Erlangga.
Santrock, J.W. (2012). Life span development. Jakarta: Erlangga
Sarafino, E. P. (2002). Health psychology biopsychososial interaction. New York: John Willey and sons, Inc.
Smet, B. (1994). Psikologi kesehatan. Jakarta:Gramedia.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&G. Bandung: Alfabeta.
Utami, S. D. (2015). Hubungan antara efikasi diri dengan stres akademik pada siswa kelas XI di MAN 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/190.
Widyanto, P. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dengan stres kerja. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diunduh dari http://eprints.ums.ac.id/27611/14/02._Naskah_Publikasi.pdf.
Wisantyo, N. I. (2010). Stres pada siswa SMAN 3 Semarang ditinjau dari efikasi diri akademik dan jenis kelas. skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro. Diunduh dari eprints.undip.ac.id/10959/1/ringkasan.pdf
Wistarini, I. P. (2018). Studi pendahuluan: Stres akademik pada mahasiswa baru angkatan 2017 & 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Denpasar: Tidak dipublikasikan.
Published
2019-08-29
How to Cite
WISTARINI, Ni Nyoman Imas Pradnyanita; MARHENI, Adijanti. Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], p. 164-173, aug. 2019. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/52516>. Date accessed: 28 oct. 2021.
Section
Articles