Pengaruh Dimensi Locus Of Control terhadap Prestasi Kerja Remaja yang Bekerja di Multi-Level Marketing (MLM) di Bali
Abstract
Perusahaan multi-level marketing dewasa ini berkembang sangat pesat. Perusahaan MLM kini tidak hanya menjaring orang dewasa sebagai anggotanya, tetapi juga menjaring remaja yang ingin mulai mengenal dunia kerja. Salah satu hal yang memengaruhi prestasi kerja di perusahaan MLM adalah locus of control. Locus of control merupakan keyaninan seseorang terhadap penyebab peristiwa-peristiwa yang terjadi di hidupnya. Locus of control berperan dalam menentukan prestasi kerja anggota MLM. Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi kerja anggota MLM adalah dengan meningkatkan locus of control dalam diri remaja yang bekerja di perusahaan MLM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara locus of control dengan prestasi kerja remaja yang bekerja di perusahaan MLM.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi sederhana. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 78 orang. Teknik pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan koefisien regresi internal sebesar 11,619, powerfull other sebesar -14,210 dan chance sebesar -12,316. Hasil tersebut menunjukan adanya hubungan antara dimensi locus of control terhadap prestasi kerja.
Kata kunci: locus of control, prestasi kerja, remaja, bekerja, perusahaan multi-level marketing (MLM)
Downloads
References
Aji, R., Hartati, S., & Rusmawati, D. (2010). Hubungan Locus Of Control Internal Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XII SMK N 4 Purwekerto. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro .
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2010). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baharudin, F., Yusuf, M., & Karyanta, N. A. (2012). Hubungan Efikasi Diri dan Jiwa Kewirausahaan dengan Pilihan Karier Wirausaha pada Mahasiswa Anggoto Multi Level Marketing Tianshi. Jurnal Wacana Psikologi Universitas Sebelas Maret Vol.4, No 7 .
Burger, J. M. (2008). Personality: Seventh Edition. Stamford: Wadsworth.
Carmichael, A. (1991). Network & Multi-Level Marketing. Jakarta: Pustaka Delapratasa.
Collinsworth, P. (2007). Network Marketing: MLM Strategies for Success and Wealth Creation. United States of America: XOR Career Guides. Didapat dari https://www.free- ebooks.net/ebook/Network-Marketing-MLM-Strategies- for-Success-and-Wealth-Creation
Dewi, N. R., & Zulaifah, E. (2007). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Locus Of Control Internal Dengan Prestasi Kerja Distributor Multi Level Marketing (MLM). PSIKOLOGIA / Vol. : 3 No. 1 , Januari 2015
DL, W., & Kuswati, R. (2013). Analisi Pengaruh Locus Of control Terhadap Kinerja Wartawan. Peran Perbankan Syariah Terhadap Dalam Penguatan Kapasitas UMKM Menuju Kemandirian Ekonomi Nasional . ISBN: 978- 979- 636- 147- 2
Fauzilah, & Razak, A. (2011). The Effects of Personality Factors on Sales Performance of Takaful (Islamic Insurance) Agents in Malaysia. Internasional Journal of Business and Social Science . Vol. 2 No. 5; [Special Issue -March 2011]
Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori Kepribadian.diterjemahkan oleh: Smita Prathita Sjahputri. Jakarta: Salemba Humanika.
Freidman, H. S., & Schustack, M. W. (2008). Keperibadian : Teori Klasik dan Riset Modern Edisi Ketiga Jilid 1. Erlangga.
Gaol, C. J. (2014). A-Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep, Teori, dan Pengembangan Dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis. Jakarta: Grasindo.
Ghufron, M. N., & Risnawati, R. (2014). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ghufron, M., & Risnawita, R. (2014). Teori-teori Psikologi. j. Griffin, R. W. (2002). Manajemen: Jilid 2 Edisi Ketujuh.
diterjemahkan oleh : Gina Gania. Jakarta: Erlangga.
Gulati, R., Bristow, D. N., & Dou, W. (2004). The Impact of Personality Variables, Prior Experience, and Training on Sales Agents' Internet Utilization and Performance. Journal
of Business to Business Marketing Vol.11 .
Hasibuan, M. S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Hendry, R. E. (31 Januari 2013 ). Oriflame Indonesia Targetkan
Nomor Satu Dunia dalam Lima Tahun. Retrieved Desember 15, 2014, from Kabar24.com: http://m.kabar24.com/bisnis/read/20130131/11/136398/Orif lame-indonesia-targetkan-nomor-satu-dunia-dalam-lima- tahun
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lefcourt, H. M. (1982). Locus of Control : Current Trends in Theory and Research Second Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc., Publishers.
Leverson, H. (1981). Defferentiating Among Internality, Powerful Other, and Chance. Research with The Locus of Control Construct (Vol.1) .
Lissa, L. (2014, November 5). Jumlah Konsultan MLM Oriflame di Kantor Cabang Denpasar. (N. M. Puspitasari, Interviewer)
Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: ANDI. M.Manullang, & Manullang, M. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE-
YOGYAKARTA.
Mangkunegara, A. P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Kosdakarya .
Menezes,A. A. 2008. Analisis Dampak Locus of control Terhadap Kinerja dan Kepuasan Kerja Auditor Internal (Penelitian Terhadap Auditor Internal di Jawa Tengah). Tesis. Program Pasca Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponogoro
P.Robbins, S., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Pambudi, P. S., & Wijayanti, D. Y. (2012). Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Nursing Studies .
Patti K.D, N. R., & Zulaifah, E. (2007). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Locus Of Control Internal Dengan Prestasi Kerja Distributor Multi Level Marketing (MLM).
Phares, E. J. (1976). Locus of Control in Personality. New Jersey: General Learning Press.
Purwanto. (2010). Metodelogi Penelitian Kuantitatif : untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Robbin, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Santrock, J. W. (2007). Remaja Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sarwono, S. W. (2013). Psikologi Remaja. Jakarta: Rajawali Pers. Schultz, D. P., & Schultz, S. E. (2005). Theories Of Personality:
Eighth Edition. USA: Wadsworth.
Shaka. (12 Agustus 2004). Perusahaan MLM Siapkan Program
Kaderisasi Khusus Anak-Anak dan Remaja. Diperoleh 18 Maret 2015, dari Pos Ronda: http://posronda.net/2014/08/12/perusahaan-mlm-siapkan- program-kaderisasi-khusus-anak-anak-dan-remaja/
Sitanggang, D. (10 Mei 2014). Oriflame Perbanyak Member Lewat lagu. Diperoleh pada 25 Desember 2014, dari SWA: http://swa.co.id/business-strategy/Oriflame-perbanyak- member-lewat-lagu
Skorikov, V. B., & Patton, W. (2007). Career Development in Childhood and Adolescence. Rotterdam: Sense Publishers.
Sugyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryanti, R., Yusuf, M., & Priyatama, A. N. (2011). Hubungan Antara Locus Of Control Internal dan Konsep Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta. http://eprints.uns.ac.id/id/eprint/7560 .
SWA. (6 Desember 2007). Orang-orang Top dan Produk Andalan di Bisnis Penjualan Langsung. diperoleh pada 15 Desember 2014, dari SW A: http://swa.co.id/listed-articles/orang- orang-top-dan-produk-andalan-di-bisnis-penjualan- langsung
Taylor, J. M. (2012). The Case (For and) Against Multi-Level Marketing. Consumer Awareness Institute. www.mlmwatch.org/01General/taylor.pdf
Wijayanti, E. F. (2013). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Locus Of Control Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK SMA Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013.
Wulandani, P., Darmayanti, R. Y., & Rifa, D. (2014). Pengaruh Locus Of Control Dengan Prestasi Kerja Auditor Dengan Gaya Kepemimpinan Situasional Sebagai V ariabel Moderating. - E-Journal Universitas Bung Hatta . Vol 4, No 1 (2014)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).