Motivasi Berprestasi Remaja Tunanetra Perolehan Di Yayasan Pendidikan Dria Raba Denpasar

  • Cokorda Istri Ratna Prapti Mahadewi Sukawati Universitas Udayana
  • I Gusti Ayu Putu Wulan Budisetyani Universitas Udayana

Abstract

Masa remaja merupakan masa pencarian jati diri. Pada proses pencarian jati diri ini, remaja membutuhkan motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi adalah usaha untuk mencapai sukses atau berhasil dalam kompetensi dengan suatu ukuran keunggulan yang dapat berupa prestasi orang lain maupun prestasi sendiri. Hal yang sama berlaku pada remaja tunanetra. Tunanetra adalah individu yang indera penglihatannya tidak berfungsi sebagai saluran penerima informasi dalam kegiatan sehari-hari seperti halnya individu yang dapat melihat dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi berprestasi remaja tunanetra perolehan di Yayasan Pendidikan Dria Raba Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah dua orang remaja yang mengalami tunanetra perolehan dan memiliki prestasi. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi berprestasi kedua responden bergerak pada bidang akademis dan non akademis serta adanya riwayat tunanetra, faktor-faktor motivasi berprestasi, dan ciri-ciri motivasi berprestasi yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi remaja tunanetra perolehan.


 


Kata kunci: Remaja, Tunanetra, Motivasi Berprestasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aji, S. M. (2013). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas x akuntansi SMK N 1 Batang Tahun Pelajaran 2012/2013.
Akbar, Hawadi. (2001). Psikologi perkembangan anak. Jakarta: Grasindo.
C.I.R.P.M SUKAWATI & I.G.A.P.W BUDISETYANI
412
Antara (2016). Tunanetra pijat. Diakses dari
tak sekedar tukang
http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/01/ 26/o1jikn319-pertuni- tunanetra-tak-sekadar-tukang-pijat- part1.
Averoes, M. (2011). Hubungan antara motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pada mahasiswa. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/12347/1/HALAMAN_DEPAN.pdf.
Aziz, S. (2015). Pendidikn seks anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Gava Media. Burger, J. M. (2011). Personality, 8th edition. USA: Wadsworth, Cengage Learning.
Creswell, John W. 2013. Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed.Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Deci, E.L., Ryan, R.M. (2007). Self determination theory: a macrotheoryof human motivation development, and health. Journal of Canadian Psychology.
Diono, Agus. (2014). Situasi penyandang disabilitas. (Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan). Jakarta. ISSN : 2088-270X. Fernald, L., Dodge & Fernald, Peter, S. (2004). Introduction to
psychology (5th ed). India :
A.I.T.B.S. Publishers & Distributors.
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi anak: Psikologi perkembangan
anak dan remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). (2010). Kode etik psikologi indonesia. Jakarta: Himpunan Psikologi
Indonesia.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan
sepanjang rentang kehidupan, edisi kelima. Jakarta:
Erlangga.
Infodatin,(2014). Penyandang disabilitas pada
anak. Diakses dari. www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/i nfodatin/infodatin_disa bilitas.pdf di Bali kesulitan parah yaitu 7.556.
Irmawati, N. (2013). Motivasi aktualisasi diri penyandang tunanetra dewasa. (Studi kasus pada ikatan tunanetra muslim Indonesia kota Yogyakarta), (Skripsi sarjana, Universitas
Islam Negeri Diakses dari Sunan Kalijaga, Yogyakarta). http://digilib.uin- suka.ac.id/12383/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFT
AR%20PUSTAKA.pdf.
Korniawati, Y. (2013). Hubungan antara dukungan sosial dan konsep
diri dengan kepercayaan diri pada penyandang tunanetra. (Naskah Publikasi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta). Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/26717/11/02._Naskah_Publikasi.pd f.
Lopez, S., & Snyder, C. (2003). Positive psychological assessment: A handbook of models and measures. Washington DC: American Psychological Association.
Lukitasari, R. (2011). Penyesuaian diri remaja tunanetra perolehan. Airlangga. Makmun Khairani. (2013). Psikologi belajar. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Maknunatin, E. (2010). Pengaruh konsep diri terhadap motivasi belajar mahasiswa tunanetra Fakultas Tabiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Y ogyakarta.
McClelland, D. C., et. Al. (1953). The achievement motive. New York: Appleton Century Crofts, Inc.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Monks, F. J. dkk. (1982). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nadhilla, N. (2016). Motivasi penyandang disabilitas fisik tunanetra usia dewasa awal dan dewasa madya. (Skripsi Sarjana, Universitas Pembangunan Jaya). Research Gate, DOI: 10.13140/RG.2.2.35600.81922.
Ninawati. (2002). Motivasi berprestasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol 4, No 8 Nitami, M., Daharnis, & Yusri. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokastinasi akademik siswa. Konselor, 4 (1), ISSN : 1412-9760.
Pintrich, P. & Schunk, D. (1996). Motivation in education: Theory, research & applications, Ch. 3. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Rieuwpassa, M. J. (2015). Dukungan sosial orangtua dan kepercayaan diri sebagai prediktor motivasi berprestasi siswa smp n 4 salatiga. (Tesis Pascasarjana, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga). Diakses dari http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/9275/2/T2 _832011002_Full%20te xt.pdf.
Santrock, J. W. (2003). Adolescene, six edition. Jakarta: Erlangga. Santrock, J. W. (2007). Remaja, edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Sarafino, E. P. (1998). Health psychology: Biopsychosocial interactions (3rd ed.). United States of America: John Wiley & Sons Inc.
Sepfitri, N. (2011). Pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi siswa MAN 6 Jakarta. (Skripsi Sarjana, Universitas Syarif Hidayahtullah Jakarta). Diakses dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/4 212/1/NETA%20SEPFI TRI-FPS.PDF.
Sina, M. I., & Rachmawati, M. A. (2011). Motivasi berprestasi siswa tunanetra yang bersekolah di sekolah inklusi. Diakses dari http://repository.uii.ac.id/320/SK/I/0/00/001/001659/uii- skripsimotifasi%20berprestasi-05320030- MUH.%20IBNU%20SINA-2582359825- abstract.pdf.
Slavin, R. E. (2011). Educational psychology : Theory and Practice, 9th ed. Jakarta: PT Indeks.
Somantri, H. T. (2012). Psikologi anak luar biasa : Karakteristik dan masalah perkembangan penyandang tunanetra. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.
Taylor, Shelley E., Letitia Anne Peplau & David O. Sears. (2009). Psikologi sosial edisi kedua belas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Try (2015). Slamet, siswa tunanetra berprestasi hidup tragis tapi tetap semangat sekolah. Diakses dari http://news.detik.com/berita/2914012/slamet-siswa- tunanetra- berprestasi-hidup-tragis-tapi-tetap-semangat- sekolah.
Tula, J. J. (2015). Kementerian sosial republik indonesia. Diakses dari
http://www.kemsos.go.id/modules.php?name=News&file=
article&sid=18765
Uno, H. B. (2015). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT
Bumi Aksara.
Wahyuni, E. S. (2010). Makna hidup penyandang cacat tunanetra
yang berprofesi sebagai tukang pijat. (Skripsi Sarjana, Universitas Gunadarma Depok). Diakses dari http://wartawarga.gunadarma.ac.id/wp- content/uploads/2010/08/JURNAL.pdf.
Yapendra. (2011). Sejarah Singkat Yayasan Pendidikan Dria Raba. Diambil kembali dari Yayasan Pendidikan
dria Raba:
http://www.yapendra.com/sejarah_singkat
Published
2018-10-30
How to Cite
MAHADEWI SUKAWATI, Cokorda Istri Ratna Prapti; BUDISETYANI, I Gusti Ayu Putu Wulan. Motivasi Berprestasi Remaja Tunanetra Perolehan Di Yayasan Pendidikan Dria Raba Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 403-417, oct. 2018. ISSN 2654-4024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/psikologi/article/view/43264>. Date accessed: 16 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JPU.2018.v05.i02.p12.
Section
Articles