HUBUNGAN BERAT TAS DENGAN KELUHAN NYERI BAHU PADA SISWA KELAS V SD SARASWATI V DENPASAR

  • Ayu Putri Tantriyani Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Nila Wahyuni Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Luh Made Indah Sri Handari Adiputra Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Anak usia sekolah cenderung mengalami keluhan musculoskeletal terutama pada bahu akibat penggunaan tas punggung yang terlalu berat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan berat tas dengan keluhan nyeri bahu pada siswa kelas V SD Saraswati V Denpasar. Penelitian ini penelitian observasional analitik dengan cross sectional design study. Dari hasil purposive sampling didapatkan sampel sebanyak 80 orang.  Hasil penelitian ini menunjukkan signifikan antara berat tas dengan nyeri bahu (p = 0,000) dengan korelasi r= 0,426. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa ada hubungan berat tas dengan keluhan nyeri bahu pada siswa kelas V SD Saraswati V Denpasar.


Kata kunci: Berat Tas, Nyeri Bahu, Anak

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-15
How to Cite
TANTRIYANI, Ayu Putri; WAHYUNI, Nila; ADIPUTRA, Luh Made Indah Sri Handari. HUBUNGAN BERAT TAS DENGAN KELUHAN NYERI BAHU PADA SISWA KELAS V SD SARASWATI V DENPASAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 35-38, sep. 2019. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/54735>. Date accessed: 01 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2019.v07.i03.p09.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>