EFEKTIVITAS YOGA TERHADAP PENURUNAN NYERI DYSMENORRHEA PRIMER PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 3 DENPASAR

  • Ni Luh Ayu Aris Ulan Devi Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Nila Wahyuni Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ida Ayu Dewi Wiryanthini Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Dysmenorrhea primer ialah rasa nyeri saat menstruasi atau sebelum menstruasi tanpa adanya kelainan pada alat reproduksi. Rasa nyeri yang timbul akibat adanya kontraksi yang kuat dari uterus dan terjadi pada usia 13-16. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan jika latihan yoga efektif untuk menurunkan nyeri dysmenorrhea primer pada siswi remaja di SMAN 3 Denpasar. Menggunakan rancangan experimental dengan jenis sebelum dan setelah intervensi dengan kelompok kontrol. Jumlah individu sebanyak 20 orang, 10 orang diberikan yoga dan sebanyak 10 orang sebagai kelompok kontrol. Intervensi diberikan 2 kali seminggu selama 3 minggu. Pengukuran tingkat nyeri dysmenorrhea primer dengan Numerical Rating Scale (NRS). Rerata penurunan nyeri pada kelompok 1 sebelum yoga 4,90 dan setelah yoga 3,00. Data dari hasil pengolahan statistik pada uji Paired Simpel T- test  sampel yoga menghasilkan p = 0,000, sampel kontrol p= 0,015. Uji selisih Independent T-test menunjukkan ada perbedaan anatara kelompok yoga dengan kelompok kontrol yakni menghasilkan p=0,000. Disimpulkan dari penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa ada efektivitas yoga dalam menurunkan nyeri dysmenorrhea primer pada siswi remaja di SMAN 3 Denpasar.  Kata kunci : Dysmenorrhea Primer, Yoga, Remaja Putri, Numeric Rating Scale (NRS)

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-14
How to Cite
DEVI, Ni Luh Ayu Aris Ulan; WAHYUNI, Nila; WIRYANTHINI, Ida Ayu Dewi. EFEKTIVITAS YOGA TERHADAP PENURUNAN NYERI DYSMENORRHEA PRIMER PADA REMAJA PUTRI DI SMAN 3 DENPASAR. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 20-23, jan. 2019. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/49628>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2019.v07.i01.p06.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>