HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG-PINGGUL TERHADAP TINGKAT NYERI MENSTRUASI PRIMER PADA REMAJA PEREMPUAN

  • Ni Kadek Merry Marth Ardyastin Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ari Wibawa Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Luh Made Indah Sri Handari Adiputra Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Wayan Gede Sutadarma Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Remaja perempuan sebagian besar mengalami nyeri saat menstruasi terutama nyeri menstruasi primer. Nyeri menstruasi salah satunya disebabkan oleh rasio lingkar pinggang-pinggul. Penelitian ini merupakan penelitian analitik cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 70 orang perempuan dengan rentang usia 15-18 tahun. Variabel independen ialah rasio lingkar pinggang-pinggul yang diukur dengan midline dan variable dependen ialah tingkat nyeri menstruasi primer yang diukur dengan Modified Menstrual Distress Questionnaire (MMDQ). Hipotesis diuji dengan Chi Square Test dan Spearman’s Rho untuk menganalisis signifikansi hubungan antara rasio lingkar pinggang-pinggul dengan tingkat nyeri menstruasi primer. Pada penelitian ini didapatkan hasil rerata rasio lingkar pinggang-pinggul ialah 0,811 ± 0,043 dan rerata tingkat nyeri menstruasi primer ialah 28,643 ± 11,612. Dari analisis data didapatkan hubungan yang signifikan antara rasio lingkar pinggang-pinggul terhadap tingkat nyeri menstruasi primer pada remaja perempuan dengan p = 0,042. Hasil uji korelasi Spearman’s Rho didapatkan ada korelasi yang lemah (r = 0,243) antara rasio lingkar pinggang-pinggul terhadap tingkat nyeri menstruasi primer pada remaja perempuan. Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan rasio lingkar pinggang-pinggul terhadap tingkat nyeri menstruasi primer pada remaja perempuan.


Kata Kunci: Rasio Lingkar Pinggang-Pinggul, Tingkat Nyeri Menstruasi Primer, Remaja Perempuan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-14
How to Cite
ARDYASTIN, Ni Kadek Merry Marth et al. HUBUNGAN RASIO LINGKAR PINGGANG-PINGGUL TERHADAP TINGKAT NYERI MENSTRUASI PRIMER PADA REMAJA PEREMPUAN. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 50-54, jan. 2019. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/49637>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2019.v07.i01.p11.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>