HUBUNGAN POSISI DUDUK DENGAN NYERI PUNGGUNG BAWAH NON SPESIFIK PADA BAGIAN ADMINISTRASI DAN PELAYANAN DI POLDA BALI

  • Inne Melani Program Studi Sarjana Fisioterapi dan Profesi Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Putu Ayu Sita Saraswati Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Nila Wahyuni Departemen Ilmu Faal, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Penyakit akibat kerja (PAK) yang paling sering ditemukan pada pekerja kantoran adalah nyeri punggung bawah non spesifik. NPB non spesifik merupakan salah satu gangguan musculoskeletal disorders (MSDs) dengan gejala utama nyeri atau perasaan tidak enak di daerah tulang punggung bagian bawah, dimana salah satu penyebabnya adalah posisi duduk yang tidak ergonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan posisi duduk dengan nyeri punggung bawah non spesifik pada bagian administrasi dan pelayanan di Polda Bali. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Pada 71 sampel, dari perhitungan data menggunakan Spearman’s rho ditemukan nilai signifikansi p < 0,05 dan koefisien korelasi adalah -0,282 yang berarti memliki kekuatan hubungan yang cukup dan arah hubungan negatif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara posisi duduk dengan nyeri punggung bawah non spesifik pada bagian administrasi dan pelayanan di Polda Bali.


Kata kunci: Posisi duduk, Nyeri punggung bawah non spesifik, Penyakit akibat kerja 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-01-14
How to Cite
MELANI, Inne; SARASWATI, Putu Ayu Sita; WAHYUNI, Nila. HUBUNGAN POSISI DUDUK DENGAN NYERI PUNGGUNG BAWAH NON SPESIFIK PADA BAGIAN ADMINISTRASI DAN PELAYANAN DI POLDA BALI. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 15-19, jan. 2019. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/49619>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2019.v07.i01.p08.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>