Adiksi Smartphone dengan Postur Forward Head pada Siswa SMA: Studi Observasional

  • Ketut Sutirama Cagi Putra Universitas Udayana
  • Anak Agung Gede Eka Septian Utama Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • I Made Niko Winaya Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ni Komang Ayu Juni Antari Departemen Fisioterapi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Pendahuluan: Siswa SMA merupakan salah satu kelompok masyarakat yang aktif menggunakan teknologi, termasuk penggunaan smartphone. Penggunaan smartphone yang tidak terkendali dan berkelanjutan dapat mengakibatkan kondisi adiksi smartphone. Adiksi atau kecanduan smartphone adalah kondisi di mana seseorang sangat terikat pada penggunaan smartphone dan sulit untuk menghentikannya. Kondisi kecanduan ini dapat berdampak negatif, salah satunya terkait dengan keluhan postur seperti Forward Head Posture (FHP).


Metode: Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah subjek penelitian ini sebanyak 60 orang yang telah disesuaikan dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Data penelitian yang dikumpulkan mencakup tingkat adiksi smartphone yang diukur dengan kuesioner Smartphone Addiction Scale-Short Version (SAS-SV), serta pengukuran derajat Craniovertebra Angle (CVA) untuk menentukan FHP, yang diukur menggunakan teknik fotogrametri.


Hasil: Uji hipotesis chi-square digunakan untuk menganalisis hubungan antara tingkat adiksi smartphone dan kejadian FHP pada siswa SMA Negeri 1 Semarapura. Hasil uji menunjukkan nilai p sebesar 0,025 (p < 0,05), menunjukkan adanya hubungan yang signifikan.


Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat adiksi smartphone dan kejadian FHP pada siswa SMA Negeri 1 Semarapura.


 


Kata Kunci: adiksi, smartphone, forward head posture, siswa, SMA

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-11
How to Cite
PUTRA, Ketut Sutirama Cagi et al. Adiksi Smartphone dengan Postur Forward Head pada Siswa SMA: Studi Observasional. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 1-6, jan. 2024. ISSN 2722-0443. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mifi/article/view/100256>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MIFI.2024.v12.i01.p01.

Most read articles by the same author(s)