MEDIASI KEPUASAN KERJA PADA PENGARUH PERCEIVED EXTERNAL PRESTIGE TERHADAP WORKPLACE DEVIANT BEHAVIOR KARYAWAN PT. BPR PEDUNGAN

Universitas Udayana

  • Ni Luh Dila Diah Paramita Universitas Udayana
  • I Made Artha Wibawa Universitas Udayana

Abstract

Latar belakang dari penelitian berfokus pada adanya fenomena workplace deviant behavior yang terjadi pada karyawan PT. BPR Pedungan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran kepuasan kerja memediasi pengaruh perceived external prestige pada workplace deviant behavior. Total populasi dalam penelitian ini adalah 84 karyawan yang secara keseluruhan dijadikan sampel penelitian (sampel jenuh). Pengumpulan data menggunakan metode penyebaran kuesioner (google form) dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, dan Analisis Jalur. Hasil penelitian ini menyatakan perceived external prestige berpengaruh negatif signifikan terhadap workplace deviant behavior, perceived external prestige berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja, dan kepuasan kerja memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan pada workplace deviant behavior.


Kata kunci: perceived external prestige; kepuasan kerja; workplace deviant behavior.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-22
How to Cite
PARAMITA, Ni Luh Dila Diah; WIBAWA, I Made Artha. MEDIASI KEPUASAN KERJA PADA PENGARUH PERCEIVED EXTERNAL PRESTIGE TERHADAP WORKPLACE DEVIANT BEHAVIOR KARYAWAN PT. BPR PEDUNGAN. E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 8, p. 1483-1503, aug. 2022. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/86017>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2022.v11.i08.p03.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)