PERAN MEDIASI BRAND IMAGE PADA PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP BRAND LOYALTY (Studi Kasus Pada Pelanggan Starbucks Di Kota Denpasar)

  • Ida Bagus Rai Keniten Adnyana Universitas Udayana
  • I Wayan Santika Universitas Udayana

Abstract

Perusahaan yang memproduksi produknya dengan isu environmentally friendly memiliki brand imgae yang lebih baik karena perusahaan dianggap peduli pada kelestarian lingkungan hidup. Perusahaan perlahan mulai mengaplikasikan kegiatan green marketing dalam berbagai kegiatan mereka sebagai bagian dari kesadaran sosial dan mereka dituntut untuk mencapai konsumen dengan pesan-pesan green marketing dalam upaya meningkatkan brand loyalty. Salah satu perusahaan global yang menerapkan green marketing adalah Starbucks. Tujuan penelitian ini untuk menguji peran mediasi brand image pada pengaruh green marketing terhadap brand loyalty Starbucks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat kota Denpasar yang pernah berbelanja di Starbucks. Dalam penelitian ini teknik pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan ukuran sampel sebanyak 120 responden. Teknik analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis pada penilitian ini menunjukan bahwa green marketing berpengaruh terhadap brand image, green marketing berpengaruh terhadap brand loyalty, brand image berpengaruh terhadap brand loyalty, dan brand image memediasi pengaruh green marketing terhadap brand loyalty. Penelitian ini diharapkan memberikan dukungan empiris dan dapat dinyatakan memperkuat hasil-hasil studi terdahulu.


Kata Kunci: Green Marketing, Brand Image dan Brand Loyalty

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-24
How to Cite
KENITEN ADNYANA, Ida Bagus Rai; SANTIKA, I Wayan. PERAN MEDIASI BRAND IMAGE PADA PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP BRAND LOYALTY (Studi Kasus Pada Pelanggan Starbucks Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 10, n. 11, p. 1161 - 1180, nov. 2021. ISSN 2302-8912. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/72139>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i11.p06.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)