PENGARUH E-SERVICE QUALITY, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA GOJEK
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya loyalitas pelanggan pada perusahaan Gojek, dimana seharusnya loyalitas pelanggan ini penting untuk keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Gojek di Denpasar, pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Gojek di Denpasar, pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Gojek di Denpasar, dan pengaruh e-service quality, harga, dan promosi secara bersamaan terhadap loyalitas pelanggan pada pengguna Gojek di Denpasar. Ukuran sampel yang diambil sebanyak 170 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel e-service quality, harga, dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Upaya untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dari perusahaan Gojek, disarankan agar meninjau kembali terkait strategi e-service quality, mengoptimalkan harga, dan promosi dari perusahaan.
Downloads
References
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen, 8(11), 6762–6781.
Dmiroz, D. A. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Layanan GoRide di Wilayah Jabodetabek). Doctoral Disertation Univeritas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro.
Gojek. (2023). Milestone. https://www.gojek.com/id-id/about/
Google Play Store. (2024). Ratings and Reviews Gojek, Grab, and Maxim.
Hilmawati, I., & M, S. E. (2022). Pengaruh E-service quality dan Sales Promotion terhadap Customer Loyalty pada Penggunaan Layanan Transportasi Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 2(1), 98–104.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing, 16th Edition. Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen (15th ed.). Pearson Education.
Lennox, G. (2022). Digitization in the Transportation Industry. M2X Group. https://www.m2xgroup.com/blog/digitization-in-the-transportation-industry
Mutia, A. (2022). Bukan Ojol, Ini Moda Transportasi Mayoritas Warga Indonesia. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/14/bukan-ojol-ini-moda-transportasi-mayoritas-warga-indonesia
Putri, A., Kinanda, F., Marpaung, O., & Siburian, B. (2022). E-Service Quality, Promotion and Price Perception on Loyalty of Traveloka. International Journal of Informatics, Economics, Management and Science(IJIEMS), 1(2), 113–124.
Rahmawati, I., Sa’adah, L., & Sholikah, R. H. (2023). Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Grab di Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(3), 200–217.
Risa, N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan (J&T Express Cabang Meruya Jakarta Barat). Universitas Mercu Buana.
Rosyid, I. A. (2022). Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Shopee Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pgri Adibuana Surabaya). Skripsi Thesis, Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
Salsyabila, S. R., & Fadilla, A. (2021). Pengaruh Promosi Penjualan dan E-service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Marketplace Shopee. KINERJA, 18(4), 563–571.
Septiani, R. (2020). Pengaruh E-Service Quality, Persepsi Harga, dan Promosi Penjualan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Jasa Transportasi Online Gojek di Yogyakarta). Jurnal Ilmu Manajemen, 17(2), 98–108.
Setiawan, I. P., Suartina, I. W., & Gede, I. K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Service pada Toyota Auto2000 Cabang Tabanan. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(2), 251–260.
Suayong, K. M. (2023). Pengaruh Harga, Promosi, dan E-Service Quality terhadap Loyalitas Pelanggan Shopeefood di Kota Yogyakarta. Masters Thesis, STIM YKPN Yogyakarta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta.
Thales, S. J., & Suryandari, R. T. (2022). The Effect of Technology Acceptance Model and E-service Quality on Customer Trust and Implications on Consumer Loyalty of Kai Access Users. International Journal of Economics, Business and Management Research, 6(3), 85–95.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service Quality & Customer Satisfaction (5th ed.). ANDI.
Ulum, F., & Muchtar, R. (2018). Pengaruh E-service Quality Terhadap E-customer Satisfaction Website Start-up Kaosyay. Jurnal Tekno Kompak, 12(2), 68–72.
Widnyani, N. M., Rettobjaan, V. C., Ngurah, A. A., & Aristayudha, B. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Inovasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Studi Kasus Pada Universitas Bali Internasional). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 90. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/manajemen/article/view/2792
Wijaya, K., & Hidayat, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Gelatossimo Pada PT. Tunas Panganindo Wisnu Kencana. EMABI: EKONOMI DAN MANAJEMEN BISNIS, 1(2).