PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH eWOM TERHADAP NIAT KONSUMEN MENGGUNAKAN GOPAY DI KOTA DENPASAR
Abstract
Niat beli dalam hal ini niat menggunakan adalah tahap di mana konsumen membuat keputusan terhadap beberapa merek, dan akhirnya memilih alternatif yang paling mereka sukai atau proses yang dialami oleh konsumen dalam memutuskan barang mana atau layanan untuk membeli berdasarkan berbagai pertimbangan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh eWOM terhadap niat menggunakan melalui citra merek sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan terhadap calon pengguna GoPay di Kota Denpasar dengan sampel penelitian sebanyak 130 orang, dimana teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui Google form. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis path serta uji sobel. Hasil dari penelitian ini ditemukan adanya pengaruh positif dan signifikan eWOM terhadap citra merek, pengaruh positif dan signifikan eWOM terhadap niat menggunakan, pengaruh positif dan signifikan citra merek terhadap niat menggunakan, dan citra merek memediasi secara positif dan signifikan pengaruh eWOM terhadap niat menggunakan.Implikasi penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada pihak manajemen GoPay sehingga dapat merumuskan strategi yang tepat dalam rangka mempertahankan eksistensinya di masa yang akan datang.
Kata kunci: citra merek, eWOM, niat menggunakan.